Menangkan Persaingan Bisnis Online dengan Skill Digital Marketing Ini!

Menangkan Persaingan Bisnis Online dengan Skill Digital Marketing Ini!

Bisnis Online Tanpa Modal РPada era digital seperti sekarang ini skill digital marketing sangat dibutuhkan untuk mempromosikan produk secara efektif serta  meningkatkan penjualan lebih maksimal.

Apalagi di tengah persaingan pasar yang kompetitif, sebuah bisnis haruslah mempunyai tim pemasaran atau individu yang menguasai ilmu digital marketing.

Saat ini, digital marketer jadi satu profesi yang banyak dicari, oleh karena itu, peluang kerjanya juga sangat menjanjikan.

Digital marketer sendiri adalah seorang yang ahli dalam menyusun strategi pemasaran secara online atau menggunakan platform digital. Akan tetapi, untuk berkarier di bidang ini, kamu memerlukan beberapa skill digital marketing yang harus di kuasai.

Skill Digital Marketing yang Wajib Dikuasai

Saat ini, jual beli secara online sudah menjadi kebiasaan dan aktivitas yang sering dilakukan. Oleh sebab itu, setiap pebisnis maupun individu harus paham dan menguasai skill digital marketing supaya bisa bersaing dan menang dari kompetitor.

Dalam bisnis online ini, ada beberapa komponen yang harus dioptimasi, seperti manajemen sosial media, pembuatan konten, copywriting, analisis data, dan lainnya.

Berikut ini ada beberapa skill digital marketing untuk berkarier sebagai digital marketer.

1. Analisis Data

Analisis data adalah salah satu skill yang wajib dimiliki oleh seorang digital marketer. Skill ini dipakai untuk melihat dan memahami perilaku konsumen serta pengunjung di media sosial atau situs web. Di mulai dari durasi kunjungan, waktu kunjungan, trafik, impresi, dan sebagainya. Analisis data diperlukan sebagai bahan untuk menyusun strategi pemasaran online yang tepat dan efektif.

2. Search Engine Optimisation

Seorang digital marketing juga harus tahu cara mengoptimalkan search engine atau SEO. Cara ini dipakai untuk membuat situs web maupun konten supaya mudah ditemukan di mesin pencari.

Dalam SEO, ada beberapa elemen yang perlu diperhatikan, mulai dari penggunaan kata kunci, struktur web, iklan berbayar, dan lainnya. Potensi penjualan pun semakin besar dengan meningkatkan lalu lintas di website.

3. Copywriting

Copywriting adalah keterampilan dalam membuat tulisan menarik untuk penjualan atau pemasaran. Seorang digital marketer juga perlu menguasai ini untuk membuat audiens tertarik dan membeli produk yang dipromosikan. Butuh kreativitas dan pemilihan bahasa yang tepat untuk menggaet hati audiens.

4. Media Social Marketing

Media social marketing adalah cara mengelola serta mengoptimasi akun media sosial dan konten supaya menarik audiens. Skill ini dibutuhkan untuk bisa menyusun strategi dalam menciptakan konten yang menarik, relevan, serta memiliki engagement yang tinggi.

5. Email Marketing

Skill selanjutnya yang harus dikuasai dalam pemasaran online adalah email marketing. Di mana kamu harus pandai atau terampil dalam membuat promosi yang menarik melalui pesan email. Skill ini butuh keterampilan dalam membuat tulisan email yang persuasif, manajemen data pengguna, dan analisis kampanye email.

6. Paid Advertising

Dalam pemasaran online, pebisnis juga dapat memakai iklan berbayar untuk bisa menjangkau audiens secara lebih luas.

Seorang digital marketer diharuskan bisa memahami metode paid advertising di beberapa platform, seperti Instagram Ads, Google AdWords, Facebook Ads, dan lainnya.

Untuk dapat menjalankan iklan secara efektif, digital marketer harus bisa merencanakan budget iklan, target iklan, hingga pembuatan konten yang menarik.

7. Web Development

Web development juga perlu dikuasai seorang digital marketer. Hal ini digunakan untuk membuat website menarik, responsif, dan mudah diakses.

Dibutuhkan keterampilan dasar-dasar pengelolaan website, desain atau layout laman yang menarik, navigasi yang bersifat user friendly, hingga meningkatkan kecepatan akses website dalam skill ini.