Mau Jualan Online Kamu Banyak Pembeli? Ikuti Tips Ini!
Bisnis Online Tanpa Modal – Bagi kamu yang kini sedang berjualan online, kamu bisa membangun kedekatan emosional dari produk yang dijual ke konsumen.
Berikut ini ada beberapa tips berjualan bagi kamu yang sedang memulai bisnis online:
1. Kenali pelanggan dan serta tujuan mereka
Sudah pasti setiap orang memiliki kebutuhan. Oleh karena itu, membangun hubungan yang baik dengan konsumen akan membantu mereka dalam mengatasi persoalan.
Pastikan bahwa produk dan layanan yang kamu punya dapat meningkatkan kehidupan pelanggan dengan cara yang mereka inginkan, bukan hanya dengan cara yang kamu inginkan sebagai penjual.
Tak hanya itu, kamu juga perlu memastikan produk yang kamu jual pada konsumen bisa meningkatkan kehidupan mereka sebelum kamu merekomendasikannya.
Kamu akan dikatakan belum siap menjual jika kamu tidak bisa menemukan jawaban dari “Bagaimana ini benar-benar membantu pelanggan saya?” “Apa saja tujuan kamu dengan produk ini?”
Sebagai seorang penjual, kamu juga harus bisa mengucapkan kata seperti “Anda bilang” atau “Saya dengar.”
Dengan begitu pembahasan kamu akan mulai mengarah pada rekomendasi produk penjualan. Dan akhirnya, konsumen akan merasa bahwa kamu peduli dengan mereka dan apa yang benar-benar dibutuhkan oleh mereka.
2. Bersikap transparan kepada konsumen
Ketika membangun hubungan dengan konsumen, sejajarlah dengan mereka. Apabila produk kamu mempunyai potensi kekurangan, kamu harus memberitahukan pada mereka, jangan membohongi mereka.
Hindari menjawab pertanyaan konsumen dengan hal-hal seperti “mungkin”, “saya rasa”, atau “tebakan saya”. Alangkah baiknya untuk mencari informasi terlebih dahulu secara konkret.
Kamu bisa memberi jawaban yang lebih tepat dengan mengatakan bahwa “Sejujurnya saya tidak tahu jawabannya, namun biarkan saya mencari tahu terlebih dahulu”, dengan begitu konsumen akan lebih menghargai keberanian kamu.
Jangan mencoba mengarang jawaban sebab hal itu akan mempengaruhi reputasimu sebagai penjual dan akan sulit untuk membangunnya kembali.
3. Bertanya ke konsumen
Jangan ragu untuk bertanya kepada konsumen tentang kekhawatiran mereka atau yang membuat mereka ragu untuk membeli produk yang kamu jual atau tawarkan. Buatlah calon konsumenmu untuk jujur terkait keresahannya.
Setelah itu, kamu bisa menanggapinya, namun dalam menanggapi mereka, kamu harus mendengarkannya hingga selesai. Jangan menghindar dari informasi yang sekiranya tidak ingin kamu dengar.
4. Menepati janji
Ketika berjualan, kamu harus berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen. Tak jarang penjual berjanji untuk menghubungi kembali, mengirim prospektus atau brosur namun pada akhirnya lupa.
Sebagai penjual,menepati janji tentang apa yang kamu katakan dapat membantu membangun kredibilitas. Apabila kamu tidak menepati janji kepada calon konsumen, akan sulit bagi mereka untuk mempercayai kredibilitasmu.
5. Bersabar dan tetap berkomunikasi
Beberapa orang akan membutuhkan waktu setelah percakapan awal untuk memikirkan proposalmu. Jadi, tak semua orang membuat keputusan saat itu juga.
Olena h karitu, sebagai penjual kamu harus tetap bersabar ketika seseorang membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk memutuskan apa yang tepat bagi mereka.Kamu juga tidak boleh menghilang begitu saja, tetaplah menjalin hubungan baik dengan calon konsumen.