Pengunjung E-Commerce yang Sempat Turun, Naik Lagi saat Ramadan
Bisnis Online Tanpa Modal – Pada bulan Januari hingga Februari 2023, tren kumjungan ke situs e-commerce di Indonesia sempat mengalami penurunan. Akan tetapi, pada Maret 2023, tren tersebut mengalami kenaikan, bersamaan dengan datangnya bulan Ramadan 1444 Hijriah.
Diketahui, fenomena tersebut terjadi di sejumlah e-commerce dengan pengunjung terbesar di Indonesia, yakni Shopee, Tokopedia, Lazada, dan Blibli.
Berdasarkan data SimilarWeb, dalam sepanjang Maret 2023 situs Shopee mendapat 159 juta kunjungan. Di mana naik sekitar 10% dibandingkan bulan sebelumnya.
Kemudian, jumlah pengunjung situs Tokopedia juga naik sekitar 6%, pengunjung situs Lazada meningkat 13%, dan pengunjung situs Blibli naik 5% (mom).
Akan tetapi, tren berbeda terjadi pada Bukalapak. Di mana pada Maret 2023 situs Bukalapak meraih 17,1 juta kunjungan, masih sama dengan bulan sebelumnya.
Menurut Bank Indonesia (BI), dalam sepanjang 2022 nilai transaksi e-commerce nasional hanya mencapai Rp476,3 triliun, yang mana lebih rendah dari target BI yang besarnya Rp489 triliun.
Deputi Gubernur BI Doni P. Joewono memperkirakan, nilai transaksi tersebut tidak mencapai target sebab adanya pelonggaran pembatasan aktivitas terkait Covid-19, yang mendorong masyarakat kembali berbelanja di toko konvensional.
“PPKM itu kan membuat e-commerce blessing, ya. Kemungkinannya ada peningkatan transaksi offline, menyebabkan e-commerce turun,” ujar Doni, dikutip dari Investor.id, Kamis (19/1/2023).