5 Strategi Untuk Menarik Pelanggan Baru dalam Bisnis Online

5 Strategi Untuk Menarik Pelanggan Baru dalam Bisnis Online

Bisnis Online Tanpa Modal – Bagi kamu yang ingin memiliki sebuah bisnis, permasalahan pertama yang akan kamu hadapi biasanya soal modal.

Kemudian untuk permasalahan berikutnya yang akan menyita waktu dan pikiran saat membangun sebuah bisnis adalah bagaimana cara menggaet pelanggan. Tanpa pelanggan, bisnis yang kamu bangun akan sulit untuk bertahan, apalagi berkembang.

Oleh karena itu, strategi marketing untuk menarik perhatian pelanggan adalah salah satu aspek penting sesuai target pasar yang ingin disasar.

Jika memiliki bisnis baru, tantangan utama dalam pemasaran adalah bagaimana cara menarik perhatian konsumen agar membeli layanan atau produk yang kita jual.

Hal ini tidak mudah, namun tidak begitu sulit. Sebab saat ini banyak cara pemasaran sampai inovasi yang bisa dicoba untuk menarik perhatian pelanggan.

Beberapa cara inovasi pemasaran di antaranya:

1. Membangun Strategi Media Sosial

Bukan hanya bisnis online semata yang harus memiliki akun dan membangun strategi branding. Akan tetapi, bisnis offline pun juga perlu. Sebab, media sosial dapat membantu bisnis yang sedang kita kembangkan dan dapat menjangkau jutaan orang dalam sekali waktu.

Semakin banyak orang kenal dengan branding kita, serta komunikasi produk di media sosial, maka perlahan akan berdampak pada bisnis yang kamu bangun, meski offline sekalipun.

Misalnya saja dalam bisnis kuliner. Banyak restoran yang membangun strategi di media sosial demi menggaet pelanggan baru untuk datang ke outletnya. Contohnya dengan memposting menu baru dengan foto yang menggugah selera, posting promosi atau kuis di media sosial yang mengajak followers untuk lebih engage, hingga mengunggah jam operasional.

Akun media sosial juga bisa menjadi bukti bisnis yang kamu jalani itu nyata dan benar-benar eksis.

2. Membangun Hubungan dengan Calon Konsumen

Apabila akun media sosial bisnis yang kamu buat berhasil dan memiliki banyak followerjangan lupa untuk menjalin hubungan yang ramah. Misalnya dengan rutin membuat postingan yang meminta mereka berpartisipasi, komen, like, share, dan lain sebagainya. Jangan lupa juga untuk membalas setiap pertanyaan yang masuk ke media sosial dengan jawaban yang jelas dan ramah.

Pelayanan yang baik serta keramahan dalam berkomunikasi sangat diperlukan agar bisnis yang kamu bangun mendapat kesan yang baik dari pelanggan. Semakin baik kesan yang didapat, makin besar kamu menerima mouth to mouth marketing secara gratis dari konsumen.

3. Gunakan Beberapa Channel Pemasaran

Tidak hanya media sosial, kamu juga bisa mencoba beberapa channel pemasaran yang lain, misalnya menggunakan TikTok. Jadi, jangan hanya berfokus ke Instagram, atau Facebook saja.

Contohnya saja, Gen Z yang biasanya sangat aktif membuka TikTok setiap harinya. Jika kamu bisa berkolaborasi dengan salah satu influencer di TikTok, maka peluang bisnis kamu untuk dilirik oleh target market juga semakin besar.

Namun, bila target market bisnis mu adalah milenial berumur 25-30 tahun ke atas, kamu bisa menggunakan email marketing sebagai strategi pemasaran.

4. Membuat Promosi dan Giveaway

Salah satu cara mudah memperoleh pelanggan baru adalah mengadakan promosi, baik online maupun offline. Misalnya, paket bundlinggiveaway, atau kuis yang berhadiah produk yang kamu jual.

Walau tidak spesifik berdampak pada penjualan, giveaway akan meningkatkan awareness orang terhadap bisnis yang kamu miliki.  Jika ingin menjalankan strategi ini, kamu perlu menyesuaikan budget dengan margin dan perhitungan bisnis yang sesuai agar tidak rugi.

5. Membuat Sample Produk Gratis untuk Konsumen

Agar calon pelanggan tertarik melihat dan mencoba produk yang kamu suguhkan, kamu juga bisa memberikan sample produk secara gratis. Misalnya, jika kamu menjual aneka snack dan minuman di booth, kamu bisa menyediakan sampel snack tersebut dalam porsi kecil. Dengan pemberian sample, calon konsumen bisa merasakan snack yang kamu jual dan akhirnya akan membeli produk tersebut secara utuh.