4 Tips Promo Jualan Lewat TikTok
Bisnis Online Tanpa Modal – TikTok yang merupakan sebuah platform video pendek kini menjadi salah satu cara untuk memaksimalkan penjualan.
Tidak hanya untuk perusahaan Fast Moving Consumer Good (FMCG), di mulai brand yang kecil dan menengah pun bisa menggunakan fitur ini untuk berjualan dengan konten yang menyenangkan.
Hal ini juga sudah di jelaskan oleh Sitaresti Astarini, Head of Business Marketing, TikTok Indonesia dalam acara Media Group Interview TikTok, Senin (25/10/2021).
Apabila Anda memiliki suatu usaha dan ingin mempromosikannya lewat TikTok, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda manfaatkan
1.Go back to basic
Pertama adalah menentukan m objektif yang diinginkan oleh brand, apakah awareness, branding, engagement atau lainnya.
“Hashtag ini bisa di-branding sehingga bisa menimbulkan partisipasi pengguna. Jadinya player atau brand yang akhirnya membuat trend di market,” jelasnya.
Kemudian , bisa juga dengan iklan yang dapat ditentukan budgetnya sesuai brand skala kecil, menengah atau atas. Iklan ini bisa dimanfaatkan terlebih menjelang double date (11.11, 10.10, 9.9, dan seterusnya).
2. Hashtag
“#Tipskecantikan itu sudah jutaan. Hashtag dari #foodandbeverages itu juga jutaan. Hashtag ini juga bisa dimanfaatkan untuk tips makanan dalam waktu singkat,” saran Sitaresti.
Brand bisa menggunakan hashtag organic (yang sudah ada dan dibuat publik) seperti hashtag #belanja.
Pada platform TikTok, Anda bisa menemukan hashtag #belanja yang biasanya digunakan untuk vlog singkat belanja bulanan. Brand juga bisa memanfaatkan konten yang kreatif dan bisa tetap sesuai dengan publik.
3. Live stream
“Menonton konten creator ternyata bisa mengajak pengguna memasukkan item ke keranjang belanja dalam TikTok Shop yang mana bisa mengarah ke olshop yang ada di dalamnya,” imbuhnya.
Jika Anda bisa mengadakan live stream setiap minggu untuk mendapatkan calon konsumen baru. Dalam live stream tersebut Anda juga bisa memberikan diskon-diskon menarik.
4. Menentukan konten
Selanjutnya, Anda juga harus menentukan konten, hal ini pun sangat penting. Setidaknya ada tiga kategori yang sangat disukai di TikTok yakni:
- Membawa kebahagiaan
- Menghadirkan rasa terhubung antara satu individu dengan individu lainnya
- Memberikan dorongan dan edukasi di tengah situasi sulit menghadapi pandemi.