5 Platform E-commerce Ini Bisa Bantu UMKM Tingkatkan Bisnis
Bisnis Online Tanpa Modal – Dengan berkembangnya teknologi membuat seller bisa mengembangkan bisnis dengan lebih optimal. Salah satunya lewat platform e-commerce yang bisa membuat pedagang partai besar dan kecil menjual online dengan keuntungan lebih banyak lagi.
Saat ini, pengusaha kecil dan menengah (UMKM) harus menerapkan teknologi dan berbagai pendekatan strategi pemasaran digital. Hal ini digunakan untuk integrasi yang efisien serta memberikan ruang untuk ekspansi di masa depan.
Beberapa platform e-commerce memberikan fasilitas untuk menunjang proses bisnis online para seller, berikut adalah beberapa contohnya:
1. Sirclo
Sirclo adalah sebuah perusahaan teknologi yang bergerak di bidang solusi e-commerce. Sirclo akan membantu merek kecil dan menengah (sektor UMKM) dan perusahaan untuk menjual produk dan layanannya secara online.
Ada 2 kategori penjualan online yang ditawarkan Sirclo, yaitu solusi Entrepreneur (wirausaha) dan Enterprise (perusahaan).
Untuk kategori Entrepreneur adalah toko online UMKM untuk berjualan di beberapa platform seperti website, marketplace, dan chat commerce.
Sementara untuk kategori Enterprise adalah layanan e-commerce enabler melalui Sirclo Commerce dan solusi pengembangan teknologi omnichannel melalui Icube by Sirclo.
2. GoStore
GoStore merupakan platform e-commerce dari Gojek yang didukung oleh Moka. Platform ini berdiri semenjak 2020. GoStore memberikan layanan dan fasilitas untuk membuat situs jualan online pribadi yang terhubung dengan jutaan pengguna media sosial.
Para penjual bisa memantau seluruh aktivitas bisnis harian yang terekam secara otomatis. Aktivitas ini juga bisa diakses lewat Back Office Moka.
Seperti mulai dari mengecek laporan penjualan, ketersediaan stok, data pelanggan, hingga mengatur promosi toko sendiri.
GoStore memiliki tujuan untuk memudahkan pebisnis berbagai skala untuk membuat website toko online dan memungkinkan pelanggan untuk checkout transaksi dari berbagai channel penjualan online melalui GoStore.
3. Shopify
Shopify Inc. merupakan sebuah perusahaan e-commerce multinasional yang berasal dari Kanada dan sudah digunakan di 175 negara. Shopifu juga sudah menghasilkan lebih dari USD 496 miliar USD dalam penjualannya.
Shopify Indonesia sendiri resmi rilis pada 2013 dan memberikan layanan pembuatan toko online yang mudah dan lengkap.
Di Shopify, penjual tidak perlu mengurus setting website atau mengurus kecepatan server. Sebab Shopify sudah menggunakan built-in website builder siap pakai.
Untuk harga pembuatan website toko online di Shopify di mulai dari USD 29 atau sekitar Rp 430 ribu rupiah per bulan dalam paket Basic Shopify.
4. Ecwid
Ecwid adalah platform e-commerce yang menyediakan fasilitas untuk membuat toko online yang profesional tanpa menggunakan programer dan desainer.
Ecwid merupakan perusahan yang berdiri di Rusia, dan tengah dalam proses akuisisi oleh Canadian Lightspeed.
Di platform ini, seller dapat mengintegrasikan website bisnis dan aplikasi yang sudah ada dengan Ecwid untuk mempromosikan bisnis dengan lebih optimal lagi.
Ecwid mampu menawarkan pengelolaan situs toko online yang mudah dan sederhana. Sebab, platform ini memiliki satu dasbor terpusat untuk mengatur manajemen pesanan, katalog produk, penetapan harga, laporan penjualan, dan lain-lain.
Saat ini Ecwid Indonesia sudah tersedia dengan fitur jualan online yang memudahkan pelaku UMKM.
5. TokoTalk
TokoTalk adalah platform solusi e-commerce yang memiliki komitmen untuk mendukung kesuksesan para penjual berbagai skala bisnis, termasuk UMKM, dalam menjalani kegiatan jualan online ke pelanggan.
TokoTalk mempunyai layanan dan fasilitas bisnis yang baik. Termasuk dalam menghadirkan koneksi seamless ke semua kebutuhan seller saat jualan online.
Lewat TokoTalk, penjual bisa memulai toko online gratis, tanpa pengaturan web atau coding yang rumit.
TokoTalk juga dioptimalkan untuk menyasar target konsumen lokal. Kini, TokoTalk yang didukung perusahaan teknologi Korsel Codebrick sudah mendukung 700 ribu penjual sejak Maret 2018.