3 Tantangan yang Harus Bisnis Pemula Ketahui

3 Tantangan yang Harus Bisnis Pemula Ketahui

Bisnis Online Tanpa Modal –¬†Apa saja sih bisnis yang cocok bagi pemula? Pertanyaan ini sering sekali ditanyakan oleh para pemula yang tertarik merintis usaha sendiri. Hal ini berlaku baik bagi yang baru saja menyelesaikan pendidikan ataupun yang sedang bekerja di suatu perusahaan.

Bisnis yang cocok dijalankan untuk pemula ini memang bisa menjadi pilihan bagi orang yang ingin mengatur berapa banyak penghasilan sendiri, mewujudkan inovasi dan kreativitas, sampai menekuni hobi yang menguntungkan.

Walau demikian, dalam setiap usaha pasti diperlukan persiapan dan perencanaan yang matang. Salah satu hal utama yang harus diketahui pebisnis pemula adalah mengenali tantangan dalam berbisnis. Berikut ini ada 3 tantangan yang harus pebisnis pemula ketahui.

Tantangan bisnis bagi pemula

Bagi seorang pemula, membuka bisnis memang tidak semudah yang dibicarakan. Banyak sekali risiko yang harus dihadapi, salah satu risiko terburuknya adalah bangkrut.

Oleh karena itu, para pebisnis dituntut untuk mempunyai mental yang kuat, supaya bisnisnya bisa berkembang. Untuk itu, pebisnis harus mengenali beberapa tantangan yang akan ditemui selama membuka bisnis, dan bagaimana cara mengatasinya.

1. Persaingan bisnis

Tidak peduli usaha kecil ataupun besar, persaingan akan selalu ada. Persaingan tersebut biasanya dilihat dari segi kualitas, tempat usaha, harga, pelayanan, gimmick, sampai pada pemasaran.

Yang akan memenangkan persaingan pun ditentukan dari eksekusi beberapa faktor tersebut. Oleh sebab itu, sejak awal pebisnis dituntut untuk bisa menyediakan ruang untuk belajar dan menyesuaikan dinamika bisnis.

Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah growth strategy, yaitu strategi untuk bida memperbaiki atau meningkatkan kualitas produk.

Contohnya saja seperti Apple dan Samsung, di mana mereka terus berinovasi demi menjadi perusahaan smartphone terbaik.

2. Modal

Modal adalah hal utama untuk bisa mengoperasikan bisnis. Untuk para pemula, modal yang kurang bisa menghambat proses pemasaran bahkan produksi.

Oleh karena itu, pebisnis pemula harus teliti dalam mengatur arus kas, termasuk mengumpulkan modal di luar kegiatan usaha.

Solusinya adalah pebisnis pemula bisa membuat strategi permodalan yang baik untuk mendapatkan program pembiayaan.

3. Salah langkah

Walaupun sudah  melakukan riset yang panjang dan berbagai percobaan, berhasilnya suatu usaha tetap ditentukan oleh pasar yang sangat dinamis.

Hal inilah yang akan menuntut pebisnis untuk bisa selalu peka pada perubahan dan berani mengambil keputusan.

Akan tetapi, kesalahan dalam mengambil keputusan bisa berisiko pada tidak berkembangnya bisnis, hingga menyebabkan kerugian yang terus membengkak.

Oleh sebab itu, pebisnis harus terus aktif dalam mempelajari produk yang dijual, mendengarkan masukan, berinovasi, dan berani mencoba-coba hal baru.