Yuk Cari Tahu Kekurangan Bisnis Online bagi Penjual dan Pembeli!

Yuk Cari Tahu Kekurangan Bisnis Online bagi Penjual dan Pembeli!

Bisnis Online Tanpa Modal – Kekurangan dalam bisnis online salah satunya adalah pemeliharaan situs web yang mahal. Pemeliharaanini dilakukan untuk menjaga kondisi serta kinerja dari situs web tersebut supaya selalu dalam kondisi baru.

Biasanya, pemeliharaan ini memerlukan waktu yang tak sebentar. Oleh karena itu, bisnis online tidak bisa dijalankan dan berpotensi mengurangi keuntungan per harinya.

Kekurangan Bisnis Online

Dikutip dari nt.gov.au, bisnis online adalah segala jenis aktivitas bisnis yang dilakukan lewat Internet. Bisnis online ini ada banyak jenis, di antaranya niaga elektronik (e-commerce), produk digital (seperti e-book), pemasaran afiliasi, dan yang  sebagainya.

Bisnis online mempunyai banyak keuntungan bagi perusahaan, tapi tak terlepas juga dari kekurangan.

Berikut beberapa kekurangan dari bisnis online yang dikutip dari analyticssteps.com:

1. Pembuatan dan Pemeliharaan Situs Web Mahal

Perusahaan harus menjaga situs web supaya tetap memiliki kinerja seperti sediakala lewat maintenance atau pemeliharaan. Biasanya, kegiatan ini dapat dilakukan satu bulan sekali atau satu tahun sekali, dengan mengeluarkan biaya yang tak sedikit.

Bukan hanya itu, biaya hosting ketika pembuatan situs web juga dirasa mahal, terlebih jika user interface yang ditampilkan sangat canggih.

2. Kesalahan Teknis

Untuk kelemahan bisnis online  sendiri adalah saat situs mogok dan produk yang ada tak dapat dibeli pelanggan. Oleh karena itu, memastikan situs web di-host pada platform yang sesuai sangat diperlukan.

Fenomenan down ini juga tak hanya berlaku pada bisnis online, namun media sosial seperti Twitter, Instagram, dan lainnya juga sering mengalaminya.

3. Persaingan

Persaingan yang ketat juga di alami bisnis online karena didorong perkembangan teknologi digital. Biasanya, perusahaan besar mengeluarkan barang yang lebih murah, iklan yang lebih baik, dan promosi yang bisa  menarik pembeli atau pelanggan dari suatu bisnis. Karena hal tersebut, bisnis bisa merugi secara signifikan.

4. Penilaian Negatif dari Pembeli

Pembeli bisa mengungkapkan keluhan dan komentar mereka soal perusahaan di media sosial. Dan, publik cenderung menyuarakan keluhan daripada ulasan yang baik. Hal ini lah yang bisa merusak reputasi perusahaan.

Bukan cuma itu, keluhan ini lebih cepat viral dibanding ulasan baik. Inilah yang kemudian memaksa perusahan memikirkan kembali rencana pemasaran produk mereka. Selain itu, kondisi ini juga dapat merugikan dan merusak reputasi perusahaan

Internet merupakan sumber daya yang berguna bagi konsumen dan bisnis. Jadi gunakan internet dengan hati-hati dan ikuti kebutuhan serta strategi bisnis perusahaan guna memaksimalkan keuntungan dan meminimalkan kerugian.

5. Pengiriman yang Terlambat

Untuk pembeli, ada satu kelemahan utama dari belanja online, yakni jangka waktu pengiriman. Saat membeli sesuatu secara langsung, mereka bisa langsung membawanya pulang. Tetapi, sebagian besar pembeli Internet menerima barang belanjaan dalam waktu cukup lama, seminggu atau lebih.

Oleh karena itu, bersikap terbuka dan jujur dengan pembeli merupakan jawaban dari permasalahan ini. Saat pembeli memesan, kalian bisa memberi tahu mereka kapan harus mengantisipasi kedatangan paket.