Tips Memaksimalkan Strategi Marketing Pada Media Sosial Agar Penjualan Makin Laris
Bisnis Online Tanpa Modal – Banyaknya pengguna media sosial memberikan keuntungan tersendiri bagi para pelaku usaha online. Berbagai platform media sosial yang ada membuat mereka dapat memasarkan produk / jasa yang mereka miliki denga lebih efisien, mudah dna murah.
Melansir laporan riset Hootsuite “Digital Around The World 2019”, dari total 268,2 juta penduduk Indonesia, sebanyak 150 juta orang telah menggunakan media sosial. Selain itu para pengguna media sosial di Indonesia ini di dominasi oleh generasi milenial dan generasi Z.
Bukan hanya praktis, keuntungan lain marketing di media sosial yang lain adalah pemasaran produk bisa diatur dengan mudah agar produk atau jasa lebih cepat dikenali dan dibeli oleh konsumen. Hal ini juga meningkatkan penjualan secara online di berbagai e-commerce maupun jualan offline.
Oleh karena itu, sebagai pengusaha kita harus mempunyai strategi digital marketing dan pandai memilih platform media sosial yang tepat untuk lapak promosi.
Berikut ini adalah strategi pemasaran social media yang praktis dan menguntungkan untuk dicoba.
1. Membuat Konten Video Live
Konten live sekarang menjadi popular dan jadi salah satu strategi pemasaran yang cukup efektif di kalangan pengguna media sosial. Mulailah membuat konten dengan cara sederhana misalnya tentukan dulu produk apa yang akan dijadikan tema untuk konten live video di sosmed.
Lalu, buat panduan sederhana seperti menentukan berapa lama waktu ngbrolnya, apakah akan ada review produk atau semacam unboxing produk tersebut, hingga hal-hal penting lainnya yang perlu diinfokan kepada followers atau calon konsumen.
2. Menggunakan Jasa Influencer
influencer marketing bukanlah cara baru. Influencer merupakan tokoh atau sosok yang populer dan memiliki banyak pengikut (followers) di media sosial. Mereka juga punya pengaruh besar di pada orang-orang yang menggunakan media sosial. Para influencer juga berasal dari berbagai bidang, usia dan keahlian yang berbeda-beda.
Gunakan jasa influencer untuk memasarkan produk kita, agar produk kita makin dikenal oleh orang banyak. Jasa influencer banyak diminati karena efektif untuk mendongkrak produk/jasa sekaligus penjualan. Pastikan untuk melakukan riset dan memilih sosok influencer yang tepat dan relevan dengan bidang bisnis yang kita miliki.
3. Perbanyak Konten Visual
Pemakaian konten visual di media sosial sangat efektif dalam memasarkan produk / brand usaha. Buatlah konten dengan informasi visual yang mudah dikenal dan diingat oleh calon konsumen dan pelanggan kita. Lakukan riset, konten visual seperti apa yang saat ini digemari oleh konsumen. Pastikan semua konten visual yangn di posting di media sosial memiliki kualitas yang baik agar tercipta interaksi dan meningkatkan jumlah followers.
4. Membuat Personalisasi Konten
Cara efektif dalam menggaet calon konsumen ketika melihat iklan dan promosi kita dan akhirnya memutuskan untuk membeli produk tersebut, adalah dengan personalisasi konten. Lalu, susun strategi marketing dengan menerapkan konsep personalisasi konten. Pergunakan hasil analitik untuk memaksimalkan konten Anda yang sesuai dengan pangsa pasar saat ini.
5. Manfaatkan Asisten Virtual
Kita dapat memanfaatkan asisten virtual untuk mempermudah pekerjaan dan memperlancar aktifitas pemasaran bisnis. Lakukan riset terlebih dahulu untuk menemukan jasa asisten virtual yang tepat dan sesuai untuk melayani penjualan di media sosial kita. Jangan lupa lakukan review, agar kita bisa mengetahui apakah jasa asisten virtual yang dilakukan sudah efektif atau tidak dalam melayani berbagai pertanyaan calon konsumen.
Melakukan pemasaran online melalui media sosial bisa menjadi pilihan tepat untuk meningkatkan angka penjualan. Kita juga harus memahami hal-hal mendasar dalam berjualan di media sosial. Terus lakukan perbaikan strategi dan mencoba hal-hal baru untuk menemukan cara marketing yang sesuai dengan bisnis mu, imbangi juga dengan peningkatan kualitas produk/jasa Anda agar Anda bisa meraih untung maksimal.