Punya Bisnis Online? Yuk Hati-hati agar Tak Jadi Korban Kejahatan Siber

Punya Bisnis Online? Yuk Hati-hati agar Tak Jadi Korban Kejahatan Siber

Bisnis Online Tanpa Modal – Seperti yang kita tahu, saat ini pengguna media sosial  berasal dari berbagai kalangan.

Siapapun yang memiliki perangkat digital dapat mengakasesnya. Apalagi dengan adanya fitur di media sosial yang semakin lengkap mulai dari hiburan, informasi, sarana komunikasi hingga layanan untuk berbisnis.

Semua pengguna bebas dalam berkarya, seperti membuat konten sesuai dengan hobi serta minat. Yang kemudian akan disebarluaskan di berbagai platform digital.

Meski demikian, Entrepreneur and Founder of Nuril Media, Nuril Baskan mengimbau untuk semua pengguna media sosial yang memanfaatkan platform online untuk berbisnis supaya berhati-hati agar terhindar dari tindak kejahatan siber.

“Tingkatkan keamanan data dan rekening bank yang digunakan untuk bisnis online. Jangan sampai terkena penipuan, pencurian data, investasi fiktif dan orderan palsu,” katanya, dalam webinar Membangun Usaha Bisnis Online, Selasa (8/11/2022).

Di sisi lain, Content Creator dari Pandu Digital Indonesia, Ayu Minarti mengatakan, para pengguna media sosial juga harus meningkatkan skill digital mereka. Hal ini bisa dilakukan dengan mengetahui tentang segala fitur yang disediakan platform digital.

“Pahami fitur-fitur aplikasi tersebut dan perangkat digital yang digunakan. Selanjutnya gunakan dengan bijak aplikasi yang diunduh,” jelasnya.

Tak hanya itu, Ayu juga mengajak pengguna ruang digital memanfaatkan berbagai inovasi usaha untuk memulai bisnis.

“Saat ini kita bisa memanfaatkan media sosial untuk berbisnis dengan menawarkan produk dan jasa kita. Tawarkan jasa seperti marketing atau iklan melalui sosial media yang kita miliki. Selanjutnya bisa dengan memulai penjualan atau pemasaran produk lewat lokapasar atau e-commerce,” ujarnya.

Paham Marketing

Sementara itu, Founder Belajarlagi Muhammad Faiz Ghifari menyebutkan, hal penting agar bisa sukses menjalankan bisnis di media sosial adalah paham akan marketing.

“Promosikan bisnis kita dengan strategi marketing mix. Ada empat langkahnya, pertama memperkenalkan produk apa yang akan kita jual dan promosikan di berbagai platform media. Langkah selanjutnya adalah pemilihan lokasi usaha yang strategis. Terakhir tentukan harga yang sesuai dengan produk dan tidak memberatkan calon pembeli,” jelasnya.

Dosen Komunikasi London School of Public Relations yang juga konten kreator Okky Alparessi juga menjelaskan, bahwa komunikasi sangatlah penting di ruang digital.

“Kita harus paham dengan siapa berkomunikasi, di mana kita menyampaikan pesan dan kapan pesan atau presentasi tersebut kita sampaikan. Selanjutnya, pahami apa tujuan pesan yang kita sampaikan dan bagaimana cara dalam berkomunikasi,” ujarnya.

Okky mengatakan, jika ingin melakukan promosi dan bisnis online berhasil menarik minat calon pembeli, para pemilik bisnis harus mampu menerapkan komunikasi yang baik dalam berinteraksi di ruang digital.