Ini Alasan Sosial Media Dapat Tingkatkan Penjualan Bisnis Online!

Ini Alasan Sosial Media Dapat Tingkatkan Penjualan Bisnis Online!

Bisnis Online Tanpa Modal –¬†Seperti yang kita tahu, sosial media mampu meningkatkan penjualan bisnis online. Salah satu alasannya karena perubahan perilaku konsumen di zaman digital saat ini.

Majunya perkembangan dunia digital juga ikut memberikan pengaruh yang signifikan di berbagai sektor, terutama bisnis. Jadi tak heran, jika mulai banyak orang berbisnis dengan memanfaatkan internet.

Para pebisnis ini memanfaatkannya sebagai salah satu strategi pemasaran mereka. Apalagi sosial media juga digunakan oleh mayoritas masyarakat untuk berinteraksi.

Setidaknya, ada 5 alasan yang membuat sosial media ini mampu meningkatkan penjualan. Berikut penjelasannya:

1. Akses pada konsumen

Kini, bisnis bisa dilakukan dengan mudah dengan bermodalkan handphone dan internet. Ini termasuk akses interaksi kepada konsumen dan sebaliknya.

Dengan mudahnya akses ini, antara penjual dan pembeli bahkan bisa melakukan transaksi tanpa harus bertatap muka. Semua transaksi online ini hanya mengandalkan pihak ketiga, yakni kurir yang akan menjemput dan mengantar barang ke lokasi tujuan.

2. Banyak konsumen online

Kemudian, alasan yang lainnya adalah semakin banyaknya konsumen yang membeli sebuah produk secara online.  Seperti  ketika pandemi Covid-19 melanda dua tahun lalu.

Bahkan tahun lalu, jumlah konsumen belanja online di Indonesia telah mencapai 32 juta orang. Di mana meningkat 88 persen dibanding tahun 2020 yang hanya 17 juta orang.

Hal itu dikarenakan para pengguna internet di Indonesia naik 32 persen dari 34 juta menjadi 45 juta orang dalam sepanjang tahun 2021.

Yang mana berarti, media sosial susah menjadi ekosistem online yang membawa pengguna lebih dekat satu sama lain. Di saat yang sama, pengguna berhubungan langsung dengan brand atau produk lewat sebuah interaksi yang teratur.

3. Digunakan UMKM

Data Statista mengungkap, jika ada lebih dari 4,26 miliar pengguna media sosial yang ada di seluruh dunia saat ini. Angka tersebut diprediksi meningkat menjadi lebih dari 6 miliar warga dunia yang menggunakan media sosial pada tahun 2027.

Hal inilah yang menjadi landasan bisnis, di mana mereka berusaha memanfaat medsos untuk mengambil keuntungan lebih baik. Termasuk dalam menentukan prospek serta perkembangan bisnis ke depan.

Sementara itu, menurut data Kementerian Koperasi dan UKM hingga Februari 2022 lalu, setidaknya sudah ada 17,25 juta pelaku UMKM yang terhubung ke dalam ekosistem digital yang ada di Indonesia.

Pemerintah juga terus memberikan dorongan bagi pelaku UMKM supaya terhubung dalam ekosistem digital. Pemerintah menargetkan sebanyak 30 juta UMKM terhubung ke dalam ekosistem digital pada tahun 2024.

4. Strategi pemasaran

Media sosial merupakan suatu alat pemasaran yang fantastis. Sebab, strategi pemasaran di medsos ini menggunakan kecanggihan Kecerdasan Buatan (AI).

Di mana salah satunya bisa membantu bisnis untuk menjangkau audiens dan target pasar yang tepat. Juga sebagai analitis yang lebih dalam tentang basis pelanggan.

5. Survey membuktikan

Diketahui, Survey Harris Poll membuktikan bahwa sekitar 55 persen konsumen belajar mengenai brand baru secara online lewat media sosial. Bukan hanya itu, 43 persen konsumen meningkatkan aktivitas media sosial mereka untuk menemukan produk dan layanan baru.

Yang mana, hal ini membuktikan, seseorang dapat meraih kesuksesan bisnis dengan menggunakan medsos.

Sekitar 80 persen eksekutif perusahaan bahkan percaya bahwa berinvestasi pada alat dan strategi medsos sangat penting untuk perkembangan bisnis.