Mau Toko Online Kamu Ramai Pelanggan? Lakukan 5 Langkah Ini!
Bisnis Online Tanpa Modal – Hadirnya toko online, memang sudah mengubah gaya berbelanja masyarakat dunia, tak terkecuali di Indonesia.
Menurut hasil penelitian lembaga Accenture, mereka memprediksi bahwa cara orang berbelanja lewat toko online akan berdampak pada perubahan jangka panjang.
Tak hanya itu, lembaga tersebut juga mengatakan, bahwa frekuensi pembelian melalui online akan meningkat dari 32 persen sebelum pandemi menjadi 37 persen selepas pandemi.
Meskipun hadirnya toko online menunjukkan peningkatan jumlah pelanggan, tetapi hal ini juga berarti persaingan diantara penjual juga semakin berlipat ganda.
Oleh karena itu, ada 5 strategi yang bisa kamu terapkan supaya toko online kamu ramai pelanggan.
1. Menata Toko
Menurut survey, 81 persen calon pembeli khawatir untuk melakukan check out dari toko yang tidak mereka kenal mereknya.
Oleh sebab itu, kamu harus meningkatkan kepercayaan pelanggan agar toko onlinemu ramai pengunjung.
Caranya dengan mendesain profil toko yang terlihat profesional.
Bukan hanya itu, kamu juga harus memberikan deskripsi produk secara detail dan sejujur.
2. Memberi Potongan Harga
Selanjutnya, kamu bisa memberikan potongan harga, diskon ataupun pengembalian uang (cashback), setelah pelanggan memasukkan produk ke keranjang.
Hal ini bisa mendorong pelanggan untuk segera melakukan pembayaran pada barang yang dibeli sebelum potongan harga tersebut hangus.
3. Memberikan Penawaran Khusus
Tak jauh berbeda dengan saran sebelumnya, sebagai penjual, personalisasi harga bagi pelanggan pertama di toko mu mampu menjadi langkah awal untuk memperoleh pelanggan baru.
Hal ini dikarenakan perasaan pelanggan yang merasa menerima pelayanan atau harga khusus sehingga lebih memilih toko online kamu daripada toko lain.
4. Mengutamakan Kecepatan dan Pelayanan
Kecepatan dan kualitas pelayanan jadi dua hal utama jika kamu tetap ingin bertahan di ekosistem toko online yang penuh persaingan.
Penelitian Super Office mengatakan, 86 persen pelanggan cenderung ingin kembali pada toko online yang memberikan pelayanan cepat pada setiap pembelian barang.
5. Menerapkan Strategi Pemasaran Ragam Saluran
Kemudian langkah yang terakhir adalah menerapkan strategi pemasaran dari berbagai media. Tidak bisa dipungkiri perkembangan media sosial sering kali selaras dengan peningkatan pelanggan pada toko online.
Oleh sebab itu, kini kamu bisa menggunakan ragam media sosial dengan banyak karakteristik penggunanya untuk memasarkan produk mu supaya lebih tepat sasaran.