Mau Menangkan Persaingan di Bisnis Online? Begini Tipsnya!

Mau Menangkan Persaingan di Bisnis Online? Begini Tipsnya!

Bisnis Online Tanpa Modal – Apabila kamu sudah tahu soal prediksi produk terlaris untuk dijual online pada tahun 2023? Jika iya, kini tantangan terbesarnya adalah bagaimana cara memastikan produk yang kita jual mempunyai keunggulan kompetitif dibanding toko online lain.

Dikutip dari dari Business Small Trends, menjual produk yang tepat pada waktu yang tepat merupakan salah satu hal terpenting dalam penjualan yang sukses di bisnis online.

Bahkan, setidaknya 53 persen orang dewasa memulai pencarian produk mereka di e-commerce online dibanding hanya 23 persen yang mencari di mesin pencari seperti Google atau Bing.

Adanya permintaan pasar yang tinggi tentu semakin banyak juga bisnis online yang tumbuh dan berkembang, Hal inilah yang kemudian menimbulkan persaingan yang semakin ketat dengan produk yang serupa.

Alhasil, para pemilik usaha harus menyiapkan strategi supaya bisnis yang dijalankan bisa terus beroperasi dan keuntungan yang didapat semakin meningkat.

Dilansir dari Amazon, berikut ini ada beberapa tips dalam menghadapi persaingan pada produk yang tengah tren.

1. Riset Produk

Cari tahu apa yang kini dicari pembeli secara online, dan identifikasi peluang di pasar. Salah satu cara untuk melakukannya adalah melalui riset manual untuk ide-ide yang sedang tren di e-commerce.

Contohnya saja, saat kita hanya mencari “pakaian olahraga pria” , ada sekitar 4000 hasil; sementara ketika mencari “celana olahraga pria”,  kemungkinan kamu hanya mendapatkan 600 hasil.

Hal ini adalah contoh yang sangat disederhanakan, namun trik kecil tersebut bisa membantumu menjelajahi kategori dan kemudian mempersempit produk yang ingin dipasarkan.

Lalu, cara lain untuk mengidentifikasi produk dalam permintaan bisa lewat Best Seller di E-commerce. Kamu juga bisa mencari kategori yang mempunyai  3-4 produk best seller di halaman pertama.

2. Jual produk ramah lingkungan

Jika berbicara mengenai hal-hal yang ramah lingkungan, ada peluang yang signifikan bagi penjual dalam kategori keberlanjutan.

Berdasarkan laporan, ada 73 persen konsumen mencari opsi ramah lingkungan ketika menelusuri produk pembersih rumah tangga dan perawatan pribadi.

3. Persaingan dan Ukuran Pasar

Sebagai penjual, pasti kamu tidak ingin masuk ke dalam kategori yang tidak memiliki diferensiasi yang jelas.

Ketika kamu mulai memasuki pasar, kamu harus memiliki strategi dasar seperti memperkirakan ukuran pasar, menilai pemain top dalam kategori tersebut dan kemudian membandingkannya dengan pesaing populer ini.

Tak hanya itu, kamu juga harus menilai setiap peraturan pemerintah atau pembatasan merek dagang yang terkait dengan produk yang mungkin tidak diizinkan untuk dijual.

Selain itu, ketika mengukur persaingan dalam kategori tersebut, cobalah menganalisis ulasan produk yang serupa.

Contohnya, jika pesaing menjual produk yang sama di e-commerce dan sudah mendapatkan ribuan ulasan, hal ini merupakan indikator bahwa kategori tersebut sangat sulit untuk disaingi.

4. Mempertimbangkan Biaya

Mengevaluasi biaya dengan setiap tahap perlu dilakukan ketika meluncurkan produk baru yang populer.

Menetapkan produk dengan harga sedang, biasanya lebih dibeli daripada produk mahal. Sebab pelanggan tidak ingin menghabiskan banyak waktu untuk membandingkan produk ketika harganya tidak mahal.

Namun, jangan juga memilih produk dengan harga sangat rendah, sebab konsumen mungkin berpikiran barang tersebut memiliki kualitas produk yang buruk.

5. Cari Momentum dan Frekuensi Penggunaan

Ketika kamu berencana meluncurkan produk baru, sangat penting untuk memikirkan kapan produk mu akan memasuki pasar.

Kamu bisa memilih produk yang mempunyai permintaan sepanjang tahun dan tidak terpengaruh oleh produk musiman.

Namun, penting juga untuk mengetahui waktu yang tepat untuk mulai menyusun strategi guna memanfaatkan permintaan saat produk berada di puncaknya.