Kisah Sukses Shafiyya, Pemilik Bisnis Busana Herways_id

Kisah Sukses Shafiyya, Pemilik Bisnis Busana Herways_id

Bisnis Online Tanpa Modal –¬†Bisnis busana Muslim di Indonesia kini semakin berkembang. Bukan hanya itu, bisnis ini pun juga memiliki beragam pilihan. Hal ini menjadikan persaingan bisnis busana muslim pun menjadi semakin ketat. Banyak yang dapat bertahan, namun tak sedikit yang meredup akibat tak mampu menghadapi persaingan.

Salah satu bisnis busana Muslim yang masih eksis sampai saat ini adalah Herways_id. Herways_id didirikan oleh Shafiyya sekitar tahun 2017. Sampai sekarang pun Herways_id menjadi langganan selebgram hijab dan laris manis setiap mengeluarkan koleksi terbaru.

Shofi menceritakan bagaimana awal mula ia membangun Herways_id. Dia merintis bisnis hijab sejak awal dirinya memutuskan untuk berhijab.

Shofi mengatakan, awal mulanya karena dia memakai kerudung dan merasa susah mencari baju yang cocok. Karena saat itu online shop belum booming seperti sekarang.

Akhirnya dia memiliki ide untuk membuat baju sendiri dibantu oleh penjahit. Saat itu teman-teman Shofi bertanya dimana dia membeli baju tersebut?. Karena pertanyaan tersebut, Shofi pun terpikir untuk menjual baju yang dia pakai.

Kisah Wanita Bikin Online Shop Hijab Modal Rp 700 Ribu Kini Sering Sold Out

Di bantu oleh pacarnya yang sekarang menjadi suaminya, dia berfoto dengan baju yang dia buat di tukang jahit. Kemudian dia memberanikan diri untuk menjualnya secara online.

Shofi juga mengungkapkan berapa modal awal yang dia keluarkan pertama kali. Dia nekat membangun online shop dengan modal Rp 700 ribu. Berawal dari beli bahan meteran perwarna dan saat itu biaya promosi endorse masih sekitar Rp 500 ribu. Dia memberanikan diri membayar endorse sebesar Rp 500 ribu dan Rp 200 ribunya untuk membeli bahan.

Untuk busana muslim yang pertama kali dibuat dan dijualnya adalah baju tunik dan dress. Desain busana tersebut terinspirasi dari baju yang dipakai para infuencer luar negeri dan disesuaikan dengan tren yang ada.

Jatuh Bangun Berbisnis Online Shop Hijab

Toko Online herways_id | Shopee Indonesia

Shofi juga menceritakan mengenai kesulitan apa yang dia hadapi saat mulai merintis Herways_id. Misalnya, desain busana yang dia buat bocor oleh sang penjahit.

Di mana penjahit yang sudah bekerjasama dengannya selama empat tahun menjual barang barang yang dia jual juga di lingkungan sekitar tempat jahit itu.

Kendala lainnya yang pernah dia hadapi adalah dia kekurangan bahan baku ketika permintaan konsumen tinggi.

Tidak hanya itu, saat awal merintis bisnis busana muslim, dia juga pernah tidak dilayani penjual bahan karena membeli secara meteran.

Barika Dress - Soft Pink Nude size M by Herways_id (Ready Stock) | Shopee Indonesia

Dengan perjuangannya, perlahan kesulitan itu bisa diatasinya. Sampai akhirnya penjualan online shop miliknya meningkat di tahun 2018, saat dia berjualan baju kurung yang diberi nama Barika dress.

Permintaan konsumen yang tinggi inilah yang mendatangkan kebahagiaan untuk Shofie. Saking tingginya permintaan konsumen, produk-produk yang dijual Herways_id sering sold out dalam sekejap.

Penjualan Herways_id pun juga sempat mengalami penurunan di awal pandemi, sama seperti sebagian bisnis busana lainnya. Shofie bersyukur kini penjualanya mulai kembali mengalami peningkatan.

Tips Memulai Bisnis Online Busana Muslim

BARIKA DRESS CARAMEL SM BY HERWAYS_ID | Shopee Indonesia

Jika kamu yang ingin mau mencoba berbisnis berjualan baju Muslim secara online, Shofi memberikan beberapa tips untukmu.

1. Berani mulai

Shofie mengatakan jika kita harus berani memulai, berani sukses dan berani gagal. Karena menurutnya sukses pun salah satu tantangan dalam berbisnis. Jadi ketika kita sudah meraih kesuksesan itu, kita harus mempertahankannya.

2. Rajin dan konsisten

Shofie juga mengatakan jika kamu harus mampu meyakinkan diri sendiri ketika memulai usaha. Tidak hanya itu kamu juga harus rajin mencari informasi tentang hal yang lagi disukain target pasar.

3. Ciri khas

Terakhir, Shofie mengungkapkan agar membangun ciri khas dalam produk yang kita jual. Hal ini dilakukan agar dapat  menjadi pembeda dengan merek lainnya.