Kisah Sukses Bisnis Rumahan Bittersweet by Najla

Kisah Sukses Bisnis Rumahan Bittersweet by Najla

Bisnis Online Tanpa Modal – Para penggemar dessert box pasti sudah tidak asing dengan nama Bittersweet by Najla. Bisnis milik Najla Farid Bisyir yang awalnya hanya menjual 30 box dessert per hari, sekarang Bittersweet by Najla mempunyai banyak cabang di beberapa kota yang ada di Indonesia.

Cerita awal mula Bittersweet by Najla

Cara membuat tiramisu dessert box rumahan yang sederhana.

Semua ini berawal dari Najla yang sebagai ibu rumah tangga sangat hobi membeli cake dari luar, namun dia juga memiliki hobi membuat kue.

Dia sering membeli slices cake yang setelah dibeli dan disimpan di dalam kulkas bentuknya akan berubah, kering. Lalu , Najla mencari solusi dengan masalah tersebut.

Wanita yang sering disapa Ala itu membuat bisnisnya berangkat dari permasalahan yang dia alami. Dia ingin mencari solusi bagaimana cara membuat dessert agar tetap bisa dikonsumsi dalam jangka waktu lama namun tetap lembab.

Ala kemudian memikirkan cara untuk membuat produk cake dan bisa dikemas ke dalam wadah. Ala pun memulai bisnis dessert box miliknya pada tahun 2016.

Awalnya Ala mencoba untuk membuat kue yang dikemas di wadah untuk keluarganya, dengan alasan agar tidak berantakan dan kelembaban cake tetap terjaga.

Jadi untuk efisiensi dan tidak terbuang sisa-sisanya, jadi tetep bisa dimakan dan disimpan lagiĀ  karena cake tersebut ada di wadah atau box.

Ia lalu mengunggah dessert buatannya, cinnamon roll di media sosial miliknya. Kemudian, banyak teman-temannya yang mendukung dan memberikan saran untuk menjual dessert buatan Najla. Yakin dengan produknya, Ala kemudian memberanikan diri untuk membuka pre-order (PO).

Merintis Bittersweet by Najla sebagai bisnis online

Dessert box dari Bittersweet

Setelah itu, bisnis kuliner milik Najla dia jalankan melalui media sosial. Open pre-order (PO) yang dia buka, semakin hari semakin bertambah.

Yang awalnya Ala menjual 30 loyang kue per hari, setelah berjalan hampir 3 sampai 4 bulan, Ala memutuskan untuk menekuni dunia bisnis kuliner.

Image result for najla bisyir

Setelah sempat berjalan tiga sampai empat bulan akhirnya dia memutuskan untuk memberhentikan bisnisnya terlebih dulu dan mulai belajar banyak hal.

Ia menambah ilmu dan kembali belajar tentang pengelolaan, teknik pemasaran, dan mengembangkan potensi. Dia pun belajar mengenai itu semua sampai ke Negeri Jiran , Malaysia dan sejumlah kota di Indonesia.

Sampai akhirnya, dia membuka kembali bisnis kulinernya pada 2017.

Tantangan usaha Bittersweet by Najla

Image result for bittersweet by najla

Ala yang seorang ibu rumah tangga dan seorang pelaku bisnis, harus pandai membagi waktu. Ia harus membagi waktu untuk keluarga dan bekerja.

Bukan hanya itu, ia harus mengontrol stabilisasi penjualan, menjaga kualitas rasa, menjalankan protokol kesehatan, dan menyesuaikan keadaan di tengah pandemi yang terjadi sekarang ini.

Dukungan dari suami Ala juga datang sejak awal Ala memiliki keinginan untuk membuka bisnis kuliner.

Ala sangat bersyukur di masa pandemi sekarang ini, ia sudah sangat kuat menata bisnisnya dengan penjualan dan pemasaran dengan sistem online lewat media sosial.

Najla Farid Bisyir, pemilik brand dessert box Bittersweet by Najla.

Awalnya, saat membuka usaha, Ala mengaku tak memiliki banyak modal usaha untuk membuka toko secara fisik. Pada akhirnya, ia melakukan pemasaran, penjualan yang kuat dan gencar di media sosial. Yang ,jadi nilai tambahnya, bisnis Ala sudah kuat di bidang online.

Di balik suksesnya Ala, dia juga juga pernah mengalami kerugian karena pesanan yang tiba-tiba dibatalkan, padahal pesanan tersebut adalah pesanan dalam jumlah besar.

Akhirnya pesanan tersebut dia bagi-bagikan ke tukang ojek online yang sedang mengantri. Dari usaha rumahan ini, kini dia sudah memiliki reseller di 40 kota.

Dia juga kembali membuka 8 outlet dan akan buka kembali 2 outlet. Beberapa cabang ada di kawasan seperti Bogor, Depok dan kawasan Sunter, Kemang, dan Kalibata.