Bisnis Jus Kekinian Dengan Banyak Keuntungan
Biania Online Tanpa Modal – Pada masa pandemi yang sedang terjadi sekarang ini, pola hidup sehat adalah satu hal yang harus dilakukan oleh semua orang. Dan lagi, kita harus memiliki daya tahan tubuh yang kuat agar dapat terus beraktivitas dengan baik.
Menjalankan pola hidup sehat memang terkesan membosankan, akan tetapi, pola hidup sehat kini malah jadi tren yang beredar di masyarakat.
Mulai dari olahraga, hingga mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan serat serta rendah lemak. Bahkan, tren menjadi vegetarian/vegan pun mulai banyak dijalani.
Oleh karena itu, tren pola hidup sehat dapat jadi peluang untuk mendapat keuntungan yang bisa kita coba. Dimulai dari hal simple, seperti membuat aneka jus segar buatan rumah.
Seperti yang dilakukan oleh Hamzah Pasaroah. Dia memiliki usaha yang bernama “it’s Buah” yang mengusung konsep cold pressed juice.
Pressed juice ini beda dengan jus pada umumnya karena diproses menggunakan tekanan hidrolik untuk mendapatkan ekstraksi maksimal dari buah dan sayuran segar.
Bukan hanya itu saja, jus ini juga dinilai jauh lebih sehat karena tidak menggunakan gula, air, dan pengawet.
Jus buatan rumahan ini lebih kaya nutrisi karena dibuat dari banyak jenis buah dan sayuran.
Strategi yang Matang
Didirikan sejak 2012, pada saat itu, Hamzah ternyata belum menguasai bisnis yang sedang dijalaninya. Dia diketahui juga belum memahami bagaimana cara mengelola tim, marketing, dalam manajemen bisnisnya.
Pada tahun pertama, ia sempat nekat untuk membuka enam cabang. Namun, di tahun yang sama, dia harus menerima keadaan yang pahit karena banyak cabangnya yang tutup. Semua itu cukup untuk mempengaruhi cash flow bisnisnya dan butuh waktu lama untuk bisa pulih kembali.
Karena kejadian itu, selama tiga tahun terakhir, Hamzah mulai mempelajari strategi digital marketing dan fokus pada pasar online. Karena usahanya itu, bisnis jus yang ia jalani kini memiliki omzet yang makin bertumbuh, bahkan melampaui penjualan secara konvensional seperti sebelumnya.
Target Pasar
Karena tren pola hidup sehat, hal ini semakin membuka peluang bagi “It’s Buah” untuk mendapat banyak keuntungan.
Cold pressed memang memiliki harga yang lebih mahal daripada jus biasa. Walaupun begitu, Hamzah menargetkan pasar dengan daya beli tinggi dan masyarakat yang menjalani pola hidup sehat, maka strategi pemasaran produknya pun berhasil dicari oleh banyak konsumen.
“It’s Buah” pun mampu menjual 300-500 botol jus per hari.
Perlu diketahui, produk premium It’s Buah mampu terjual dan mendapat keuntungan hingga 70 persen. Berbeda saat penjualan konvensionalnya dulu, yang hanya berhasil mendapat keuntungan sekitar 30 persen.
Pada tahun 2021 ini, Hamzah optimis dapat menjual 1.000 botol per hari. Kini, Hamzah dan timnya tengah melakukan pendekatan dengan angel investor maupun venture capital untuk mendapat pendanaan tahap awal.