Kisah Sukses Apelicious, UMKM Keripik Buah asal Malang

Kisah Sukses Apelicious, UMKM Keripik Buah asal Malang

Bisnis Online Tanpa Modal — Apabila kamu sedang berlibur ke Malang, Jawa Timur, pasti tidak asing dengan oleh-oleh keripik apel. Tak hanya keripik apel, ada juga keripik berbagai buah dan sayuran lainnya.

Salah satunya adalah Apelicious, usaha keripik buah dan sayur milik Noor Lisa Amalia yang didirikan pada 2016 di Kota Malang, Jawa Timur.

Tinggal di Malang sejak masa sekolah itu membuatnya banyak mengenal petani dan membuatnya tertarik untuk membuka usaha keripik apel.

Awalnya, Lisa mengawali jualannya dengan mengemas keripik apelnya sendiri, kemudian menitipkan barang dagangannya di berbagai warung, restoran, atau hotel.

Akan tetapi, karena dikerjakan sebagai usaha sampingan dan sambil bekerja di sebuah perusahaan, usahanya pun tak berkembang.

Setahun kemudian Lisa memilih untuk fokus pada usaha keripiknya. Tetapi, tantangan lain harus dihadapi, di mana berada di kota penghasil keripik apel membuatnya berat apabila harus bersaing dengan merek-merek yang sudah ada dan terkenal.

Dia pun memutar otak supaya bisa lebih banyak menjangkau pasar, dengan mulai memasarkan produknya dengan menambah beberapa varian buah-buahan dan sayur-sayuran.

Lisa pun bekerja sama dengan para petani sayur dan buah yang memiliki produksi besar namun tidak tahu bagaimana cara untuk segera menjuanya.

Melalui usaha ini, dia juga membuka kesempatan bagi mereka yang sulit dalam mencari pekerjaan, termasuk yang sudah lanjut usia.

Selanjutnya, Lisa juga fokus memasarkan produk Apelicious secara online, lewat berbagai platform media sosial dan fokus memaksimalkan penjualan di sana.

Ketika pandemi Covid-19, produknya justru semakin terkenal sebab menjual keripik buah dan sayur yang diproses dengan cara dikeringkan sehingga menghasilkan camilan yang lebih sehat, bernutrisi, tanpa tambahan gula, garam, dan MSG.

Lewat penjualan online -nya, tak butuh waktu lama produknya semakin banyak dikenal.

Tak sampai di situ, Lisa mendorong penjualannya dengan memanfaatkan fitur-fitur dan iklan hingga berhasil meningkatkan volume penjualan hingga 40%, apalagi pada periode menjelang Ramadan.

Kini, bukan hanya apel, Apelicious juga menawarkan lebih dari 20 varian buah-buahan dan sayur-sayuran. Selain itu, Lisa juga sudah bekerja bersama lebih dari 50 karyawan.