Ketahui 3 Tren untuk UMKM Agar Bisnis Online Lebih Berkembang
Bisnis Online Tanpa Modal – Bagi para pelaku UMKM agar semakin mudah menyesuaikan diri dalam menghadapi perubahan perilaku konsumen, ada beberapa tren yang harus diperhatikan.
Hal ini diperlukan untuk perkembangan UMKM mereka.
Apalagi dalam kondisi Pandemi yang belum juga berakhir, para pelaku UMKM harus pandai memutar otak agar bisnis mereka tetap berjalan.
Lalu, apa sajakah tren-tren tersebut?
Head of Business Development Akulaku Silvrr Indonesia, Yudhistira Luntungan mengatakan, bahwa sejumlah tren yang para pelaku UMKM bisa gunakan untuk saat ini adalah menentukan strategi penjualan di era kebiasaan baru (new normal).
“Pandemi yang terjadi saat ini memberi kesempatan yang lebih baik bagi merchants karena pola belanja konsumen saat ini terdorong jadi serba online,” ujarnya.
Lantas, saja tren-tren yang bisa pelaku UMKM pertimbangkan untuk mengatur strategi di tengah perubahan perilaku konsumen?
1. Naiknya Trafik Belanja Daring (Online)
Dalam setahun terakhir ini, terjadi kenaikan yang cukup signifikan pada trafik belanja online.
United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD) mengatakan, volume belanja konsumen pada platform marketplace meningkat sebesar 65% selama pandemi.
2. Merek Lokal Dicari Konsumen
Selain itu, Pandemi yang terjadi ini ikut meningkatkan kecenderungan konsumen membeli merek/brand lokal.
Ini semua bisa dilihat dari naiknya volume pencarian terhadap beberapa produk yang berkaitan dengan merek lokal, selama pandemi.
3. Volume Transaksi Belanja Online Tinggi
Menjelang hari Lebaran pada tahun ini, juga terlihat volume transaksi belanja online secara historis selalu mencapai titik tertinggi.
“Seperti yang terjadi pada moment Lebaran tahun ini. Pelaku usaha memperhatikan momentum jelang periode lebaran, sebab pekerja memperoleh THR yang meningkatkan kemungkinan mereka untuk belanja lebih banyak,” jelas Yudhis.