Kenapa Bisnis Online Susah Berkembang?
Bisnis Online Tanpa Modal – Memulai bisnis online awalnya terlihat begitu menyenangkan dan mudah. Banyak orang mungkin berpikir kalau bisnis online tidak membutuhkan banyak biaya dengan proses promosi yang mudah. Namun ternyata, hampir 80% dari bisnis online berujung pada kegagalan.
Di Indonesia, bisnis online memang terlihat menjanjikan dengan banyaknya peluang-peluang yang diberikan oleh Pemerintah Indonesia. Namun, masih banyak pula pelaku bisnis online yang gagal dan sulit mengembangkan bisnisnya.
Untuk itu kita harus memahami beberapa penyebab umum mengapa bisnis online sulit untuk berkembang. Berikut ini adalah rangkuman alasan kenapa bisnis online sulit berkembang.
Alasan Bisnis Online Sulit Berkembang
-
Needs dan Demands
Membuat bisnis tidak hanya seputar ide-ide unik, namun kamu juga harus memikirkan kebutuhan dan permintaan pelanggan. Konsep bisnis yang unik itu sah-sah saja, namun tetap perhitungkan apakah produk/ jasa yang kamu jual atau diminati oleh pelanggan.
-
Kurang Menarik
Kualitas toko sangat penting karena menjadi tolak ukur yang paling awal. Ini juga berlaku untuk bisnis online, buatlah website yang user-friendly. Kamu harus memberikan informasi se-detail mungkin tentang bisnis-mu di website. Pemilihan warna, font, image, simbol, text, dan semua elemen yang kamu pilih harus menggugah pengunjung. Terkadang pula, barang-barang yang dijual tidak up to date dan mengecewakan pelanggan sehingga mereka kurang percaya dan beralih ke brand toko lain.
Namun, jika kamu memang merasa memiliki website adalah sesuatu yang sulit, kamu bisa bergabung dan berjualan melalui e-commerce seperti Tokopedia yang sudah terjamin dan terpercaya.
-
Logo
Memiliki logo yang mudah diingat sangat penting untuk menunjang kesuksesan bisnis online-mu. Karena logo bukan hanya sekedar simbol tapi representasi dari keseluruhan bisnis online-mu. Banyak bisnis online yang gagal karena logo yang digunakan terlihat amatir dan tidak elegan sehingga mengurangi minat konsumen.
-
Online Marketing Strategi yang Lemah
Kamu perlu strategi pemasaran yang lebih agresif dan efektif dalam menjalankan bisnis online-mu. Jangan menyepelekan kekuatan sosial media dalam mempromosikan bisnis.
Kamu juga harus menguasai teknik-teknik promosi online, dari penentuan keyword, desain iklan, serta waktu-waktu yang tepat untuk blasting iklan mengenai bisnis onlinemu. Kebanyakan bisnis online yang gagal mungkin karena mereka tidak berhasil untuk menunjukkan keberadaan mereka di pasar dengan teknik marketing yang lemah dan salah.
-
Mitra dan Networking
Kamu memiliki jaringan yang luas dan mitra yang banyak dalam menjalankan bisnia online. Mitra dan jaringan berperan sangat penting untuk perkembangan bisnis online-mu, seperti, reseller atau dropship dalam dunia online shop. Semakin banyak kamu memiliki mitra serta jaringan, maka semakin banyak pula yang membantu untuk memasarkan produk toko online-mu.
-
Tidak Efektif Mengatur Cash Flow
Hal penting yang harus diperhatikan dalam berbisnis online adalah mengatur arus kas. Kamu harus fokus pada target sehingga alokasi dana, investasi, pendapatan, dan pengeluaran bisa diatur dan dicatat secara stabil. Banyak bisnis online gagal untuk menstabilkan arus kasnya karena terlalu fokus untuk merendahkan harga produk dan pemberian diskon walaupun teknik itu sangat tidak masuk akal.
-
Memilih Tim yang Salah
Penyebab terakhir adalah komposisi tim yang salah. Kamu memilih orang yang tidak tepat dalam bisnis online-mu. kamu harus memiliki tim yang kompak, bagus, dan satu visi.
Orang-orang yang bekerja bersamamu harus mampu beradaptasi dan mengerti tentang tujuan bisnis onlinemu. Tim yang baik mampu memberikan yang terbaik untuk bisnismu. Makanya sangat penting untuk memilih tim yang kompeten, cocok, dan memiliki pandangan yang sama denganmu.
Itu adalah beberapa penyebab sulitnya bisnis online berkembang. Mulailah untuk berpikir dengan matang, apa-apa saja yang harus kamu lakukan sehingga bisnis online-mu bisa sukses tanpa hambatan .