Ekspor Bareng Shopee, Begini Kisah Sukses Pengusaha Sepatu asal Bogor

Ekspor Bareng Shopee, Begini Kisah Sukses Pengusaha Sepatu asal Bogor

Bisnis Online Tanpa Modal – Banyak orang menggunakan e-commerce sebagai ladang mencari uang. Hal ini juga merupakan sebuah trik yang banyak dipakai oleh para pemilik bisnis online.

Di mana khususnya pegiat usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal. Salah satunya Ricco Antonius, pemilik usaha sepatu Patris asal Bogor yang berhasil meraih keuntungan dari e-commerce.

Ricco mengatakan, bahwa dirinya memulai bisnis sepatu ketika pandemi melanda. Kala itu, dia sempat mengalami dilema, sebab orang-orang masih tinggal dan beraktivitas dari rumah karena kebijakan lockdown.

Sejak awal, Ricco memang sudah memutuskan berjualan di Shopee. Dan tanpa dia sangka, dalam kurun waktu kurang dari satu tahun Patris berkembang sangat pesat.

“Lagi pandemi kan orang harus di rumah ya, tapi kok malah bikin bisnis sepatu. Tapi ya karena tekad saya sudah bulat dari dulu, dan keluarga juga sudah berpengalaman soal bisnis sepatu (offline), akhirnya kita putuskan kali ini jual online di Shopee aja,” ujar Ricco.

Lalu, mengapa Ricco memilih Shopee adalah karena jangkauan pembeli yang luas. Di saat yang sama , Ricco sadar akan kebiasaan masyarakat berbelanja secara offline mulai beralih ke online.

“Kita merasa bahwa banyak masyarakat Indonesia yang belanja kebutuhannya di Shopee, jadi kita yakin kalau Shopee dapat mendatangkan banyak pembeli untuk kita. Dari segi aplikasi untuk penjual, Shopee sangat mudah untuk digunakan,” terang Ricco.

Ricco pun memulai perjalanan Patris bersama dengan Shopee dan berkembang dalam tiga tahun terakhir.

Awalnya, Toko Patris Official menjadi Star Seller, yang mana naik ke kategori Star+ Seller dalam waktu kurang dari tiga bulan.

Patris kemudian mencapai kategori ‘Mall’ yang tertinggi untuk penjual di Shopee. Semua capaian itu diperoleh Patris tak sampai 12 bulan lamanya.

Ricco juga mengungkapkan keberhasilannya ini didorong oleh penjualan yang konsisten, penilaian toko yang tinggi, dan respons cepat menjawab pertanyaan pembeli.

Selain itu, strategi Ricco yang jadi kunci kesuksesan Patris berikutnya, adalah bergabung dengan Program Ekspor Shopee. Yang mana dalam satu tahun, sepatu Patris sudah sampai di Malaysia dan Singapura.

Ricco mengatakan, bahwa saat ini Patris masih berfokus pada pasar lokal lewat Shopee. Akan tetapi, sudah ada rencana untuk lebih aktif menjangkau pasar global ke depannya.

Di akui Ricco, jika Program Ekspor Shopee membawa manfaat besar bagi Patris. Apalagi, Shopee memudahkan penjual dengan hanya harus mengirim pesanan ke gudang ekspor Shopee. Penjual juga tak perlu memikirkan hal lain seperti perizinan dan cukai. Hal inilah yang membuat Ricco bisa lebih berkonsentrasi pada kualitas sepatu Patris.

Kisah dari Patris di Shopee ini jadi satu  bukti, semangat dan konsistensi akan mengantar pada kesuksesan.

Pandemi yang awalnya merupakan sebuah tantangan, Patris berhasil berkembang dan  tetap memprioritaskan kepuasan pelanggan, didukung Program Ekspor Shopee.

Kisah Patris yang bisa menjajal pasar Asia  menjadi contoh bahwa platform digital memiliki berperan sebagai mitra handal bagi penjual yang ingin mengembangkan bisnis secara daring.

Jangan khawatir, UMKM lain pun bisa mendapat kesempatan seperti Patris, sebab platform digital membuka jalan bagi UMKM untuk mendunia, sejalan inisiasi pemerintah meningkatkan ekspor dalam negeri.

Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo membentuk Satuan Tugas Peningkatan Ekspor yang bertugas melakukan pengembangan pasar ekspor serta menetapkan strategi peningkatan peran ekspor UMKM lewat integrasi ke dalam ekosistem penyedia ekspor nasional.