Catat 5 Hal Penting Ini Sebelum Memulai Bisnis Online!
Bisnis Online Tanpa Modal – Pertumbuhan toko fisik ke e-commerce (online) semakin bertumbuh selama lima tahun belakang. Seperti pada tahun 2020, menurut Indeks Ritel AS IBM, bisnis e-commerce diperkirakan akan tumbuh hampir 20%.
Walaupun ide meluncurkan bisnis e-commerce sangat menarik, namun ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Untuk berhasil dalam bisnis ini, perlu adanya perencanaan yang matang untuk mencapai visi dan misi dari perusahaan.
Maksimalkan Pengalaman Pengguna (UX)
UX atau user experince ini terkait dengan tampilan pada sebuah website. Memaksimalkan UX penting untuk kepuasan pengguna alias pengunjung website. Hal ini akan memberikan interaksi antara pengguna dan produk.
Contohnya saja membuat website online kamu mudah digunakan dan tidak membingungkan saat digunakan pengunjung. Pemeliharaan UX yang konsisten adalah suatu keharusan.
Kekuatan Gambar
Para pengunjung website pasti menggunakan search engine untuk mencari produk yang diinginkan. Oleh karena itu, penting untuk menampilkan foto yang bagus. Hal ini dilakukan untuk bersaing dengan platform lain.
Jadikan ‘pencitraan’ produk sebagai sebuah kekuatan. Visual bisa sangat menentukan dalam bisnis online. Bila tak pede dengan fotografi, Anda bisa menyewa seorang profesional untuk membantu mendapatkan foto yang menarik. Gambar-gambar yang Anda miliki bisa jadi investasi bagus untuk mengundang pengunjung ke website Anda.
Dorong Pembeli Mendiversifikasi Etalase
Sejak wabah Corona melanda, banyak orang memilih berbelanja dari rumah. Hal ini dikarenakan untuk menghindari penularan virus. Ini dapat menjadi salah satu cara Anda untuk mendorong pengunjung melihat beragam hal di etalase toko Anda. Jadikan platform Anda sebagai tempat promosi yang baik.
Teknologi
Anda harus mau berkreasi dengan memakai teknologi yang mutahir. Misalnya menggunakan (Augmented Reality) AR. AR adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata.
Contoh simple nya adalah Sephora yang menggunakan AR sehingga Anda bisa mencoba berbagai warna lipstik dan IKEA yang memungkinkan Anda melihat pratinjau furnitur di ruangan pada ponsel cerdas Anda.
Contoh lainnya bisa dengan membuat kunjungan ke Virtual Reality (VR) store atau dengan kode QR. Misalnya saat mengirimkan produk ke pelanggan, kirimkan juga kode QR yang memperkenalkan lebih banyak tentang produk, seperti pembaruan produk atau konten bersumber pelanggan tentang layanan Anda.
Buat dan Bangun Konten
Strategi pemasaran konten yang baik akan mengarahkan traffic pengunjung ke website Anda. Ini akan menurunkan biaya akuisisi dan memberikan konten yang ‘berharga’ sehingga akan terus dibaca pengunjung selama bertahun-tahun yang akan datang.
Anda harus memperhatikan pesaing Anda, dengarkan pelanggan Anda dan soroti pengalaman pengguna Anda. Jelajahi saluran sosial untuk menentukan praktik terbaik untuk masing-masing saluran.
Standarisasi proses pembuatan konten untuk kemudahan penjadwalan.
Yang terakhir, gunakan berbagai format konten untuk mendiversifikasi traffic seperti posting blog, video, posting sosial, webinar, dan podcast.