Cara Efektif Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Cara Efektif Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Bisnis Online Tanpa Modal – Pandemi Covid-19 yang terjadi sejak awal tahun lalu di Indonesia, memberikan dampak yang besar kepada semua pelaku bisnis di berbagai sektor.

Karena hal ini, para pelaku usaha harus pandai memutar otak supaya bisnis mereka terus bertahan di tengah kondisi yang pandemi seperti ini.

Salah satu cara untuk mempertahankan bisnis adalah meningkatkan kepercayaan pelanggan dan loyalitas pelanggan.

Head of Business Unit Customer Experience Management Sampingan, Maulana Malik Muqorrobun mengungkapkan, kesetiaan pelanggan bukan hanya tentang layanan atau produk, namun juga hasil dari membangun kedekatan emosi dan kepercayaan.

“Terlebih lagi, di era digital yang serba cepat seperti saat ini pelaku usaha harus lebih responsif menanggapi pertanyaan serta keluhan dari pelanggan,” ujarnya dalam siaran persnya.

Kemudian, Maulana membagikan beberapa tips yang bisa dipakai para pelaku usaha untuk meningkatkan kepercayaan pelanggannya dan mempertahankan bisnisnya, terutama di masa pandemi.

1. Transparan

Yang pertama, apabila ingin dapat kepercayaan dari pelanggan, pelaku usaha harus jujur dan transparan pada pelanggannya terhadap produk atau jasa yang mereka pasarkan.

“Hal ini harus dimulai sejak interaksi pertama mereka dengan produk dan jasa yang ditawarkan pelaku usaha. Pelaku usaha harus jujur dengan informasi terkait harga dan kebijakan apa pun yang dapat mempengaruhi calon pembeli di masa mendatang, seperti prosedur pengembalian maupun pembatalan,” jelas Maulana.

2. Mempublikasikan testimoni pelanggan

Maulana juga mengatakan, pelanggan lebih mempercayai testimoni pelanggan lain sebab dianggap sebagai honest review.

“Jadi, pelaku usaha dapat menggunakan kepercayaan audiens dari pelanggan lain untuk keuntungan dengan mempublikasikan ulasan dan testimoni di situs. Bagi pelaku usaha menjalankan toko online, segera ajak pelanggan untuk memberikan ulasan dan menambahkan ulasan tersebut ke halaman produk,” imbuhnya.

3. Customer service yang responsif

Selanjutnya, tingkat customer service juga berdampak besar pada loyalitas dan retensi pelanggan. Kita harus memiliki staf pendukung yang berdedikasi tinggi. Dan yang tidak kalah penting, pelaku usaha juga harus menetapkan standar yang tinggi untuk kecepatan dan kualitas pelayanan.

Apalagi, di era digital seperti sekarang ini, para pelanggan ingin respon dan pelayanan yang cepat. Untuk itu, menjadi responsif saat pelanggan bertanya merupakan hal yang penting. Dengan itu, pelanggan akan merasa puas akan pelayanan yang diberikan dan mampu membuat mereka menjadi pelanggan yang loyal.

4. Minta feedback

Dia juga menjelaskan, feedback dan masukan secara teratur juga diperlukan oleh para pelaku usaha. Hal ini merupakan cara terbaik untuk menunjukan apa yang perusahaan lakukan.

“Hal ini bisa dilakukan dengan mengirim survei secara teratur dan minta pelanggan untuk memberikan pendapat mereka. Yang terpenting, survei harus mencakup area dimana pelanggan dapat memberikan saran tentang hal apa yang dapat diperbaiki pelaku usaha untuk semakin meningkatkan kepercayaan,” terang Maulana Malik.

5. Buat program loyalitas

Program loyalitas merupakan salah satu cara terbaik untuk bisa mendapatkan loyalitas pelanggan. Pelaku usaha bisa  menawarkan hadiah untuk pembelian yang berulang. Hal ini akan memberi pelanggan insentif untuk tetap menggunakan produk dari pelaku usaha tersebut.

Strategi ini juga bisa digunakan di hampir setiap industri dan model bisnis. Walaupun diskon adalah bentuk hadiah yang paling populer, mungkin pemberian program loyalitas lainnya seperti poin atau rewards juga bisa dilakukan.