Berikan 5 Pelayanan Terbaik Ini Dalam Bisnis Online
Bisnis Online Tanpa Modal – Ketika memiliki suatu bisnis , pendekatan ke konsumen jadi salah satu kunci utama dari terbentuknya kepercayaan. Saat konsumen percaya dengan bisnis kita, maka konsumen akan membeli setiap produk yang kita jual.
Dari kepercayaan inilah yang membuat konsumen memutuskan apakah menjadi pelanggan setia atau sebaliknya.
Bukan hanya itu, saat konsumen puas dengan pelayanan yang kita berikan, biasanya mereka akan merekomendasikan produk bisnis kita pada teman-temannya.
Oleh karena itu sangat penting untuk memberikan pelayanan bagi konsumen. Berikut ini ada 5 cara memberikan pelayanan terbaik untuk bisnis online.
1. Respon Cepat
Respon cepat membuat konsumen merasa nyaman, sebab mereka merasa di perhatikan. Namun, kekurangan dalam bisnis online adalah kita tidak bertatap muka secara langsung dengan konsumen, oleh karena itu ketika kita memberikan respon yang cepat, mereka akan semakin percaya dengan produk yang kita punya.
Perlu diingat, bahwa kepercayaan konsumen bisa terus berkurang atau hilang karena kita terlalu lama memberikan respon.
2. Menyapa Konsumen Dengan Cara Yang Tepat
Saat melakukan komunikasi dengan konsumen maka carilah kata sapaan yang tepat. Sebab, komunikasi akan nyaman saat kita membuka dengan kondisi yang benar seperti menanyakan kabar konsumen.
Disarankan jangan langsung menyapa konsumen dengan inti pembicaraan, seperti mengungkapkan penjelasan produk dan sebagainya.
Kalimat awal akan menentukan jalannya komunikasi hingga ke akhir pembicaraan. Jadi, siapkan kalimat sapaan yang tepat untuk konsumen bisnismu.
3. Memberikan Solusi
Ketika melakukan komunikasi dengan konsumen, fokuslah untuk memberikan solusi yang dibutuhkan oleh mereka.
Saat konsumen menceritakan kendala yang mereka hadapi, jadilah pendengar yang baik lalu fokus untuk mencari solusi atas masalah tersebut.
Sebab, kepercayaan akan bertambah ketika kita berhasil memberikan solusi bagi masalah konsumen. Selain itu, dampaknya bisa mengubah konsumen dari pembeli menjadi pelanggan.
4. Memberikan Informasi Dengan Cara Yang Sederhana
Konsumen lebih cenderung menyukai sesuatu yang tidak ribet. Kebanyakan dari pebisnis pemula, saat ingin menyampaikan sesuatu terlalu bertele-tele, dan para konsumen pun merasa jenuh dan tidak fokus atas informasi yang kita sampaikan.
Maka dari itu, kamu harus membuat sesuatu dengan lebih sederhana,. Misalnya saja dengan membuat katalog yang berisi produk yang kita tawarkan.Dengan demikian, para konsumen bisa dengan mudah mendapatkan informasi dari bisnis kita.
5. Cara Menutup Interaksi Dengan Konsumen
Saat komunikasi dengan konsumen sudah hampir berakhir, semua hal yang kita ingin sampaikan juga sudah tersampaikan, janganlah meninggalkan komunikasi dengan begitu saja.
Tutup komunikasi dengan melakukan interaksi seperti “ oke kak jika ada yang ingin ditanyakan bisa menghubungi saya “. Dengan demikian, konsumen akan merasa lebih dihargai.