3 Hal yang Harus Dihindari Ketika Melakukan Negosiasi dalam Bisnis

3 Hal yang Harus Dihindari Ketika Melakukan Negosiasi dalam Bisnis

Bisnis Online Tanpa Modal –¬†Ketika berbisnis, negosisasi merupakan suatu proses penting untuk membangun hubungan dan mencapai kesepakatan dengan lawan bisnis.

Negosiasi juga penting dilakukan, sebab hasil dari kesepakatan itulah yang nantinya akan mendatangkan keuntungan dalam bisnis. Oleh sebab  itu, penting untuk memahami dasar-dasar proses negosiasi.

Dikutip dari kompas.com, ada hal-hal yang harus dihindari dalam bernegosiasi;

1. Jangan Improvisasi

Ketika bernegosiasi dengan lawan bisnis, hindari melakukan improvisasi. Hal ini bertujuan agar kamu bisa tetap fokus pada tujuan yang ingin dicapai.

Untuk menghindari terjadinya hal ini, kamu harus mempersiapkan segala keperluan sebelum negosiasi secara matang.

Persiapan tersebut diantaranya, mengetahui harapan, kebutuhan, nilai, dan kelemahan lawan bisnis.

Bukan hanya itu, siapkan juga pertanyaan yang kuat untuk mendapatkan kejelasan supaya proses negosiasi berjalan lancar dan tujuan tercapai.

2. Jangan Tergesa-Gesa

Negosiasi sendiri memerlukan waktu yang cukup lama. Di sini, kamu juga harus bisa membangun hubungan yang baik dengan lawan bisnis.

Hal ini dilakukan supaya tidak menjadikan proses nego menjadi medan pertempuran. Kamu juga bisa menanyakan hal-hal ringan untuk mencairkan suasana supaya suasana negosiasi jadi santai.

Jangan lupa berikan jeda apabila memang dirasa dibutuhkan supaya proses nego berjalan efektif.

3. Jangan Terima Kesepakatan yang Buruk

Dan yang tak kalah penting, jeda juga bisa memberi waktu untuk menelaah perspektif masing-masing. Kamu juga harus teliti dalam menerima kesepakatan. Di sini, kamu harus memahami segala aspek supaya nantinya tidak malah merugikan.

Harus diingat juga, bahwa kesepakatan tidak selalu menjadi lebih baik, daripada tidak ada kesepakatan sama sekali.

Pastikan bahwa kamu paham segala keputusan yang dibuat sehingga hubungan kerja sama dapat terus dibina dalam jangka panjang.