Perjuangan Membangun Usaha Hijab yang Kini Diburu Konsumen
Bisnis Online Tanpa Modal – Gita Rismawati, yang merupakan pemilik Sheikalova, menceritakan perjuangan nya dalam membangun bisnis online hijab yang tidak mudah. Bersama dengan suami, jatuh bangun dia membangun bisnisnya dari nol.
“Memulai bisnis online tahun 2014 sebagai reseller dari brand lain,” jelasnya.
Melihat adanya peluang dalam berjualan online, perempuan asal Tasikmalaya ini kemudian mengambil langkah besar dengan membuat produk dan brand sendiri.
Dia dan suaminya pun bekerja ekstra kerja keras, sebab banyak tantangan yang dihadapi. Mulai dari minimnya modal sampai pembagian waktu mengurusi ketiga anak kembarnya.
“Awalnya hanya berdua (dengan suami), dari pemilihan bahan, design, produksi, sampe kirim ke counter JNE dilakukan berdua,” ungkapnya.
Kemudian pada tahun 2016, Gita mencoba peruntungan dengan menawarkan dress hijab motif untuk wanita.
Bukan hanya kualitas bahan, ia juga menawarkan value produk dengan menciptakan desain yang lebih meaningfull. Di mana salah satu koleksi pertama Sheikalova adalah dress Hayme.
Untuk desain motif dalam produk tersebut menceritakan soal perjuangan Turki Utsmani dalam menyebarkan agama Islam.
Lalu untuk produk unggulan lainnya dinamakan dress Mikazuki yang makna dalam motif desainnya menggambarkan keistimewaan bulan di sepertiga malam dengan visualisasi desain bulan dan bunga Sakura.
Kemudian terus berinovasi, Sheikalova menyampaikan satu pesan penting dengan menciptakan “Sheika Parenting Journey” pada 2021.
Visinya sendiri menjadi teman hijrah dan bertumbuhnya customer loyal yang didominasi para ibu untuk memberikan fondasi utama untuk mendidik anak.
Gita pun memulai kampanyenya pada 2022. Bukan hanya itu, Gita juga mengadakan seminar online maupun offline di berbagai kota yaitu Tasikmalaya, Bandung, Yogyakarta, dan Bogor.
Dari hanya berdua, ia dan suami, kini pun usahanya sudah berkembang. Di mana dia memiliki 22 karyawan.
Di momen Ramadhan dan Idul Fitri, produk Sheikalova mengalami peningkatan permintaan. Untuk produk yang paling diminati adalah pakaian keluarga dengan desain seragam untuk orangtua dan anak.
“Saat lebaran konsumen berebut produk pre-order dari kita untuk digunakan saat lebaran bersama keluarga. Salah satu artikel best seller dari kita adalah Dianova, dan karena waktu produksi yang sangat singkat kita sangat terbantu dengan pengiriman yang tepat waktu dari JNE kepada para pelanggan yang ingin menggunakan baju seragam sekeluarga di hari lebaran,” tuturnya.