Pentingnya Strategi Komunikasi Untuk Pengembangan Bisnis Online
Bisnis Online Tanpa Modal – Berbicara mengenai bisnis online, salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam berbisnis online adalah komunikasi. Hal ini dikarenakan tidak akan ada transaksi jika tidak ada komunikasi yang jelas antara penjual dan pembeli.
Komunikasi yang buruk dari pihak penjual akan memberikan dampak negatif bagi pembeli. Karena pembeli tidak akan tertarik untuk membeli sekalipun itu adalah barang yang dibutuhkan oleh calon pembeli. Komunikasi sendiri juga dapat berperan dalam mempercepat atau memperlambat transaksi penjualan.
Ada banyak bentuk komunikasi dalam pengembangan bisnis online seperti misalnya dalam pemasaran yang berbentuk iklan. Kali ada beberapa strategi khusus mengenai komunikasi penjual pada pembeli untuk pengembangan bisnis online.
Komunikasi Lewat Iklan
Salah satunya lewat iklan. Iklan adalah salah satu cara komunikasi antara penjual dengan calon pembeli. Iklan dibuat untuk menarik minat calon pembeli agar membeli produk yang sedang dijual.
Komunikasi pemasaran melalui iklan ini sendiri adalah satu dari beberapa faktor penting dalam pengembangan bisnis online.
Melalui iklan, produk yang akan dijual dapat disebarluaskan ke target pasar yang dituju sehingga dapat tepat sasaran. Selain itu iklan juga dapat meningkatkan transaksi penjualan.
Dalam membuat iklan, penjual juga harus membuatnya sebaik dan semenarik mungkin. Ini karena iklan merupakan bentuk penyampaian informasi penjual kepada pasar. Dari, potensi pasar inilah yang kemudian akan menentukan kemajuan dari bisnis yang Anda miliki.
Selain itu, etika dan sikap yang baik sebagai pihak yang menawarkan produk harus menjadi fokus utama dalam melakukan komunikasi dengan calon pembeli. Etika ini ikut menentukan tinggi rendahnya jumlah penjualan.
Sikap ramah dan sopan santun saat melayani pertanyaan, saran, bahkan keluhan dari pembeli harus diutamakan. Karena keramahan dalam melayani calon pembeli ini dapat menimbulkan rasa kenyamanan. Hal ini juga tidak menutup kemungkinan calon pembeli malah menjadi pembeli tetap dari produk yang Anda jual.
Layanan Komunikasi yang Maksimal
Selanjutnya, penjual harus memiliki layanan komunikasi yang baik dengan pembeli semaksimal mungkin. Banyak sekali karakter berbeda dari setiap pembeli yang harus dilayani dengan sepenuh hati.
Karena banyak juga calon pembeli yang menanyakan kembali mengenai deskripsi produk seperti apa yang dijual, ketika penjual sudah jelas mendeskripsikan produk yang dijualnya di dalam caption.
Hal seperti inilah yang akan menuntut rasa kesabaran dari penjual dengan tetap ramah dalam melayani calon pembeli.
Contoh yang lainnya saat ada komplain dari pembeli, maka sebagai penjual Anda harus menanggapi dan mengatasinya dengan baik dan tetap memberikan kenyamanan kepada pelanggan.
Hal ini dilakukan agar tidak memberikan kesan negatif, karena kesan negatif akan membuat Anda tidak dipercaya lagi oleh pembeli.
Word of Mouth
Berikutnya ada Word of mouth. Word of mouth adalah strategi komunikasi personal yang diperlukan karena efektif dalam meningkatkan jumlah penjualan produk. Strategi ini berguna untuk mempengaruhi calon pembeli untuk membeli produk Anda.
Word of mouth ini juga dianggap lebih persuasif dibandingkan pemasaran melalui iklan. Melihat sekarang ini generasi millennial adalah penggerak pasar yang sangat selektif dalam membeli produk dan sangat mementingkan testimoni serta rekomendasi.
Dari sini bisa terlihat jika penilaian langsung dari orang-orang yang telah menggunakan produk Anda bisa lebih baik dari pemasangan iklan, jadi sering-seringlah meminta testimoni dari pelanggan. Selain itu mintalah review serta rekomendasi agar produk Anda semakin terpercaya.