Penjelasan Retur dalam Bisnis Online dan Cara Melakukannya

Penjelasan Retur dalam Bisnis Online dan Cara Melakukannya

Bisnis Online Tanpa Modal – Retur merupakan aktivitas pengembalian barang dari konsumen ke penjual. Retur biasanya  dilakukan saat barang yang dibeli tidak sesuai atau terjadi kerusakan pada barang yang dibeli.

Ketika berbelanja di e-commerce, biasanya ada fitur retur untuk mengembalikan barang yang dibeli akibat rusak atau tidak sesuai.

Untuk melakukan retur ini sendiri, ada prosedur yang harus dipenuhi, sebab tidak semua barang bisa diretur. Di mana hanya barang yang rusak atau tidak sesuai saja yang bisa diretur.

Lalu, bagaimana cara melakukan retur bagi konsumen?

Pengertian Retur

Retur adalah, tindakan pengembalian barang. Tindakan ini tidak cuma terjadi antara produsen dan konsumen namun bisa terjadi juga antara penjual dan supplier

Biasanya, retur terjadi karena berbagai alasan, misalnya saja produk cacat, ukuran tidak sesuai, atau pelanggan tidak puas dengan barang yang diterima

Dalam aktivitas retur jangan lupa mencatat keterangan keuangan dalam sebuah jurnal retur penjualan dan jurnal pembelian supaya pemasukan pengeluaran keuangan dan barang bisa dihitung dengan seksama.

Biasanya, bisnis online yang baik mempunyai kebijakan retur yang jelas dan ramah pelanggan untuk mengatasi situasi ini.

Hal ini biasa mencakup prosedur pengembalian yang mudah, penggantian produk, bahkan pengembalian dana sesuai dengan kebijakan perusahaan.

Kebijakan retur yang baik ini biasa meningkatkan kepercayaan pelanggan dan membantu membangun reputasi positif bagi bisnis online.

Cara Meretur Barang di Marketplace

Terdapat kebijakan-kebijakan dalam hal retur barang di setiap marketplace. Akan tetapu, cara melakukan retur umumnya hampir sama seperti berikut ini:

  • Buka platform jual beli yang kamu miliki seperti contoh Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan lain sebagainya
  • Klik menu daftar pesanan dengan transaksi yang sudah selesai.
  • Pilih produk yang mungkin akan kamu kembalikan pada seller
  • Cari pengajuan pengembalian pada halaman rincian produk, kemudian pilih salah satu opsi untuk melanjutkan proses pengembalian.
  • Sebelum itu jangan lupa untuk memvideo saat membuka barang pesanan, kemudian upload bukti video tersebut yang memperlihatkan dengan jelas bahwa barang yang akan dikembalikan memang tidak sesuai.
  • Jelaskan tentang barang yang akan diretur pada seller di kolom deskripsi yang tertera, lakukan sebisa mungkin dengan singkat padat dan jelas.
  • Setelah itu klik konfirmasi dan kirim, kamu hanya perlu menunggu persetujuan dari seller terkait barang yang dikembalikan.
  • Usai disetujui, maka nomor resi dan label pengembalian produk akan dicetak dengan keterangan alamat penerima dan kode pos wilayah alamat tujuan.

Jenis Retur

1. Retur Pembelian

Dalam pengembalian barang kamu bisa mengganti barang tersebut usai pembeli mengembalikan barang yang ingin diganti dengan cara mentransfer uang pada pembeli.

Akan tetapi, dalam hal ini juga menimbulkan suatu kerugian bagi penjual, karena saat barang kembali, penjual harus menutupi biaya barang tersebut dengan berupa uang.

2. Retur Penjualan 

Retur penjualan meruoakan langkah pengembalian barang pembelian tetapi barang yang dikembalikan diganti bukan dalam bentuk pengembalian uang namun  pengembalian barang diganti dengan sebuah produk yang sama maupun produk lain.

Akan tetapi, bila barang sebelumnya mempunyai harga yang lebih rendah dari produk yang dipilih sekarang maka nilai faktur pertama akan dialihkan ke faktur lainnya.