Pahami Hal Ini Sebelum Gunakan Jasa Influencer Bantu Promosikan Jualan Online

Pahami Hal Ini Sebelum Gunakan Jasa Influencer Bantu Promosikan Jualan Online

Bisnis Online Tanpa Modal – Bisnis online belakangan ini semakin banyak peminatnya, terutama masyarakat Indonesia. Selain tidak selalu harus membuka toko secara fisik, bisnis online juga bisa menjangkau pembeli lebih luas.

Walaupun demikian, untuk strategi pemasaran yang dilakukan oleh para pelaku bisnis online, bisa dikatakan berbeda dengan konvensional.

Salah satu strategi supaya usaha berkembang dan menarik pelanggan adalah dengan melibatkan para influencer.

“Yang perlu dipahami, influencer marketing itu hanya bagian dari marketing secara keseluruhan. Kalau pakai influencer, kalau berbayar harus tunjukkin insight nya,” jelas Digital Marketing Professional and CMO of Samara Media & Entertainment, Desy Bachir dalam acara ShopeePay Talk: Trik Strategis Kembangkan Bisnis dengan Influencer Marketing.

Akan tetapi sangat disayangkan oleh Desy, karena banyak pelaku bisnis ketika mereka melibatkan influencer bukan berdasarkan konsumennya. Namun, brand managernya suka dengan siapa.

“Misal saya suka influencer ini, tapi audiens nya tidak suka. Jadi jangan pilih yang seperti itu,” terang Desy lebih lanjut.

Desy menuturkan, dalam melakukan strategi bisnis, kita juga haris memilih influencer yang sesuai dengan nilai yang dimiliki brand.

Kuncinya adalah, membangun pondasi kepercayaan yang kuat supaya produk yang dikolaborasikan bersama influencer bisa menambah keterikatan dengan audiens.

“Sekarang ini audiens sudah lebih peka untuk membedakan mana konten yang disponsori oleh brand maupun yang tidak. Oleh karena itu, penting bagi brand untuk memilih influencer yang memiliki karakteristik yang sesuai dengan tujuan komunikasi brand, serta target audiens agar pesan dapat tersampaikan dengan baik,” ujar Desy.

“Brand juga perlu memperhatikan gaya masing-masing influencer dalam berkomunikasi dengan audiensnya, serta mendengarkan juga feedback dari influencer. Bagaimanapun, merekalah yang paling memahami audiens masing-masing,” tambahnya.