Mau Jadi Content Creator Sukses? Ini Caranya!
Bisnis Online Tanpa Modal – Percakapan mengenai “Adik kalau udah gede cita-citanya mau jadi apa?”, “Mau jadi YouTuber!” sempat viral di media sosial beberapa tahun lalu. Untuk sebagian orang, pernyataan tersebut mungkin terkesan aneh.
Sewaktu kecil, ketika kita diberi pertanyaan seperti itu, jawaban yang akan terlontar adalah menjadi dokter, polisi, tentara, astronot, dan profesi-profesi lainnya. Namun untuk sekarang jawaban seperti itu akan sedikit sulit di depatkan.
Perkembangan teknologi dan media sosial memberikan sarana hiburan baru, yaitu jutaan konten di internet yang dapat disaksikan melalui smartphone dan perangkat lainnya. Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun jadi salah satu konsumen utama konten-konten tersebut.
Maka tak heran jika anak-anak zaman sekarang bercita-cita untuk menjadi pembuat konten, atau yang kini disebut sebagai content creator.
Secara harfiah, content creator adalah orang-orang yang membuat konten dan menyebarkannya ke berbagai platform.
Nantinya konten tersebut disebarkan di platform media sosial, seperti YouTube, Instagram, Facebook, dan lain sebagainya. Tak heran jika content creator kerap dikaitkan dengan istilah-istilah lain, seperti influencer, YouTuber, dan vlogger. Sebab, istilah-istilah tersebut masih ada di dalam payung pengertian content creator.
Seiring peningkatan penggunaan media sosial, rofesi content creator kian populer. Berdasarkan riset HootSuite (2020), pengguna aktif media sosial di Indonesia mencapai sekitar 160 juta orang. Angka itu meningkat sekitar 10 juta dari tahun sebelumnya.
Peluang untuk meraih popularitas dan pendapatan yang besar pun jadi salah satu alasan profesi tersebut semakin populer. Sebut saja Atta Halilintar, content creator yang memiliki 19,3 juta subscriber di platform YouTube. Ia bisa memperoleh pendapatan hingga Rp 1,81 miliar per bulan.
Menelisik lebih jauh mengenai content creator, lebih jauh, ternyata mereka memiliki banyak “saluran” pendapatan. Mulai dari jumlah view, iklan (AdSense), konten berbayar (sponsor), hingga penjualan merchandise.
Semua bisa menjadi content creator, bermodalkan perangkat sederhana, seperti smartphone, laptop, dan koneksi internet.
Walaupun demikian, perlu usaha keras untuk menjadi content creator yang sukses. Ini dikarenakan menjadi content creator pun memiliki tantangan tersendiri.
Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti jika ingin menjadi content creator yang sukses.
1. Sesuai dengan Passion
Konten dengan tema-tema tertentu, seperti fashion, kecantikan, traveling, olahraga, gaming, umumnya dihadirkan oleh setiap content creator. Dari banyaknya pilihan yang ada, sebaiknya kamu memilih konten yang sesuai dengan minat dan passion yang kamu miliki. Sebab, dengan memilih konten yang sesuai passion, kamu bisa lebih semangat dan sepenuh hati dalam berkarya.
Contoh saja Jerome Polin dengan YouTube channelnya Nihonggo Mantappu yang dikenal dengan konten yang berkaitan dengan Jepang. Selain kerja keras, kesuksesannya sebagai content creator tak terlepas dari passionnya yang tercurah di konten-konten ciptaannya.
2. Memiliki Karya Original
Agar dapat menarik perhatian banyak orang, kamu harus menghadirkan kekhasan pada setiap konten yang kamu buat. Konten yang original dan unik akan menarik perhatian banyak orang dan tidak mudah dilupakan.
Kamu bisa mencontoh Kristo Immanuel (@kristo.immanuel) yang populer di platform Instagram, TikTok, dan YouTube. Ia mengeksplorasi kemampuan uniknya dalam meniru suara-suara pesohor, mulai dari artis Hollywood hingga Presiden Joko Widodo.
3. Up to date
Kamu harus mengikuti isu dan tren terkini yang sedang jadi perhatian banyak orang. Misalnya, jika kamu adalah seorang content creator di bidang makanan, cobalah kunjungi dan buat konten di restoran atau kafe yang sedang hits di media sosial. Dengan mengikuti tren terkini, kamu bisa membuat konten yang tidak ketinggalan zaman dan menarik perhatian lebih banyak orang. Informasi mengenai tren bisa kamu temukan dengan mudah di media sosial dan portal-portal berita online.
4. Konsisten
Saat kamu sedang merasa malas, sekalipun untuk membuat konten sederhana itu adakah salah satu tantangan terberat bagi seorang content creator. Konsistensi adalah kunci penting untuk meraih kesuksesan pada profesi ini.
Kamu bisa menjaga konsistensi dengan membuat jadwal publikasi konten secara teratur. Misal saja, komitmen untuk mengunggah konten baru setiap dua minggu sekali. Lalu kamu bisa membuat jadwal lengkap, mulai dari praproduksi hingga pascaproduksi. Dengan memiliki jadwal pasti, kamu memiliki deadline dan tanggung jawab sehingga lebih semangat dalam membuat konten baru.
5. Peralatan pendukung
Hal penting lain yang adalah menyiapkan peralatan-peralatan pendukung. Kamu bisa lebih mudah dalam membuat konten-konten berkualitas dengan memiliki alat-alat yang lengkap dan mumpuni. Setiap content creator pastinya punya peralatan masing-masing sesuai spesialisasinya. Misal saja, para pembuat podcast, perlu memiliki peralatan home recording yang berkualitas agar suara yang dihasilkan bisa lebih tegas dan jernih. Demikian pula dengan para vlogger yang membutuhkan kamera video mumpuni agar kualitas gambar lebih terjaga. Meski memiliki peralatan yang berbeda-beda, hampir semua content creator membutuhkan personal computer (PC) atau laptop.