Mau Bersaing di E-Commerce? Begini Cara Jitu Para Pebisnis Online
Bisnis Online Tanpa Modal – Seperti yang kita tahu, peluang bertumbuhnya e-commerce di Indonesia semakin besar.
Apalagi, masyarakat kini lebih senang membeli barang kebutuhannya di toko online, seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, hingga Blibli.
Gaya hidup jual-beli online menawarkan peluang yang besar bagi para pebisnis untuk memasarkan produk atau jasanya secara online. Banyak juga website toko online yang terus bermunculan, begitu pula dengan marketplace yang semakin meramaikan bisnis online.
Oleh sebab itu, untuk membangun bisnis online yang solid dibutuhkan kemampuan berpikir kreatif dan strategis dari perspektif bisnis dan pemasaran.
1. Cari tahu tujuan
Apabila kamu menjual barang konsumen non-teknologi, penting bagi kamu untuk bisa mencari jawaban atas beberapa pertanyaan, seperti masalah apa yang kamu selesaikan, mengapa orang harus peduli, dan mengapa kamu hadir?
2. Hal yang membuat bisnismu berbeda
Apabila kamu ada di industri dengan banyak pesaing, apa yang akan membuat seseorang memilih kamu daripada pesaingmu? Kamu bisa menemukan setiap pesaing yang ada. Pelajari merek mereka, harga mereka, dan produk mereka.
Jika perlu, kamu bisa mencari tahu bagaimana produk atau jasa mu akan membedakan diri dari pesaing. Seperti dari segi tampilan produk atau hanya harga.
Contohnya saja, banyak perusahaan pakaian, yang sukses hanya karena mereka adalah salah satu pilihan pakaian yang memiliki harga terendah untuk gaya tertentu.
Untuk membedakan bisnis online milikmu dari ribuan merek lain pada saat itu, mulailah dari produk yang lebih khusus disertai dengan biaya lebih rendah supaya bisa menambahkan dimensi diferensiasi kedua.
3. Optimalisasi SEO
Istilah SEO mungkin sudah tidak asing lagi buatmu. SEO sendiri adalah istilah yang dipakai untuk mewakili strategi mengoptimalkan pencarian di mesin pencari.
SEO tidak cuma berisi nama atau jenis produk, namun juga mempertimbangkan kata kunci yang paling banyak dicari pelanggan terkait suatu produk.
Mempunyai SEO yang baik seperti menempatkan produk kamu tepat di kasir. Misalnya, jika seseorang mencari kalimat “sepatu” atau beberapa variasi dari istilah tersebut, situs web akan mengisi salah satu dari tiga halaman pertama di google.
Kemudian, sepuluh hasil pencarian pertama menerima lebih dari 70 persen dari semua klik. Oleh karena itu, SEO sangat penting, supaya toko tampil di halaman depan web.
4. Membuat konten yang berkualitas
Content marketing merupakan konten yang secara khusus mengarah pada perhatian pelanggan. Jika kamu ingin memasarkan lewat konten, kamu perlu mengunggah foto, video, dan buletin terkait produkmu di e-commerce.
Jika perlu, kamu juga bisa membuat promosi di berbagai platform media sosial dan merekrut seorang content marketing profesional.
Karena, sebagian besar keputusan pembelian dibuat secara tidak sadar, oleh karena itu kemasan dan foto akan memainkan peran penting dalam menciptakan kesan pertama yang luar biasa dari produk yang kamu jual.