Kunci Sukses Jualan di Platform Online dari Dear Me Beauty

Kunci Sukses Jualan di Platform Online dari Dear Me Beauty

Bisnis Online Tanpa Modal — Seperti diketahui, memiliki bisnis produk kecantikan dan perawatan kulit tidaklah mudah. Apalagi bagi merek lokal, yang harus bersaing dengan merek internasional.

Akan tetapi, merek lokal juga tetap bisa sukses dan jadi pilihan warga Indonesia loh!

Hal ini dikarenakan pemasaran dan penjualan sudah semakin mudah dengan adanya beragam platform online. Di mana salah satu merek kosmetik lokal yang berhasil adalah Dear Me Beauty.

Dear Me Beauty sendiri merupakan brand kecantikan asal Indonesia yang didirikan pada 2017 oleh Nikita Wiradiputri.

Sebelum bisnis ini dia bangun, wanita kelahiran 1990 tersebut sudah mempunyai mimpi untuk menjadi seorang entrepreneur sejak dini. 

Pernah bekerja di belakang meja menjadi desainer grafis di sejumlah perusahaan, akhirnya dia mendapat kesempatan untuk menjalankan bisnis kecantikan.

Dia membangun brand kecantikannya ini dari nol.

Selain itu, dia juga belajar bagaimana cara membangun perusahaan sampai cara meracik bahan-bahan yang tepat untuk produk-produk kecantikan.

Saat itu, dia memerlukan waktu hingga satu tahun untuk dapat mengembangkan satu produk di masa awal berdirinya Dear Me Beauty.

Dan kini, kerja kerasnya dalam menciptakan produk pun membuahkah hasil. Dear Me Beauty kini menjqri salah satu kosmetik yang unggul di Indonesia, terutama karena menghadirkan produk kecantikan yang inklusif, halal, cruelty-free, dan bersertifikasi BPOM.

Nikita juga mengungkap kunci kesuksesan dari Dear Me Beauty, karena dalam membangun brand kecantikannya bukan hal mudah. Sebab, produk kecantikan harus aman dan cocok untuk kulit penggunanya.

Oleh karena itu merek ini mengedepankan ‘people power’, yakni Dear Me Beauty mendengarkan kebutuhan masyarakat untuk menciptakan produk-produk berkualitas yang relevan dengan konsumen.

Salah satu ciri khas Dear Me Beauty sendiri adalah inovasi kreatifnya dan mengutamakan kolaborasi lintas brand, termasuk brand permen dan minuman.

Nikita yang awalnya hanya mempekerjakan 3 orang termasuk dirinya sendiri, kini Dear Me Beauty sudah memiliki sekitar 150 karyawan di Jakarta dan berbagai program sosial, termasuk pelatihan untuk UMKM dan program daur ulang kemasan.

Untuk menjual produknya, Nikita mengatakan banyak memakai fitur dari platform online yang ada saat ini. Supaya semakin laris, Dear Me Beauty mengutamakan penggunaan fitur Live Shopping.

”Sejak awal, kami memanfaatkan platform digital untuk menjangkau pasar yang lebih luas, termasuk di luar Pulau Jawa. Kami juga aktif menggunakan berbagai kampanye dan fitur live yang tersedia,” ujar Nikita.

Berkat pemanfaatan dari beragam kampanye dan fitur yang ada di platform e-commerce, Dear Me Beauty mengalami kenaikan transaksi penjualan.

”Bahkan, penjualan live shopping menjadi salah satu andalan Dear Me Beauty, di mana sesi ini berkontribusi hingga 70% dari total penjualan,” tambahnya.

Sadar dengan besarnya kontribusi live shopping terhadap penjualan, Dear Me Beauty semakin giat menghadirkan sesi ini yang bisa mencapai 5 kali dalam sehari dengan 5 host, dan 24 jam dengan 10 host saat kampanye khusus.

“Agar makin menarik dalam menghadirkan sesi live shopping, kami semakin detail dalam setiap sesi. Misalnya, memberikan panduan dan latihan kepada para host, cara berpakaian, pemahaman terhadap produk, dan cara berinteraksi dengan audiens, termasuk intonasi suara dan sapaan ‘dear’ kepada audiens kami,” pungkasnya.