Kisah Sukses Pemilik Shopatblow Sejahterakan Para Karyawannya
Bisnis Online Tanpa Modal – Vincent, sebagai pemilik toko online sepatu wanita Blow Official Shop (Shopatblow), mengungkapkan, kemerdekaan karyawan secara finansial merupakan satu patokan pencapaian penting dalam perjalanan panjang bisnisnya.
“Setiap ada karyawan atau pengrajin yang cerita ke saya, mereka sudah mulai cicil mobil, cicil rumah, dan beli tanah, itu jadi dorongan bagi saya untuk terus maju dan punya ambisi untuk mengembangkan usaha ini,” ujar Vincent.
Di usianya yang belum menginjak 25 tahun ini, ia senang karena dapat menjadi saksi perkembangan hidup banyak karyawannya.
Usaha sepatu wanita bernama Shopatblow ini mulai dibangun oleh Vincent di kawasan Tangerang, Banten pada 2016. Tidak pernah terpikir oleh Vincent, bahwa dia akan menjadi produsen sepatu wanita.
Awalnya, dia hanya fokus untuk menjual produk sepatu sisa gudang dengan dijual ke pasar-pasar dan bazar offline di berbagai tempat. Namun, Shopatblow masih nihil pendapatan, bahkan merugi dalam berjualan secara offline.
Tetapi ketika, pertama kali berjualan online, Vincent langsung mendapat banyak permintaan hingga ribuan pasang sepatu dalam kampanye akhir tahun Shopee pada 2019.
Dari situ pun dia tahu, satu-satunya cara mempertahankan bisnis dan menjaga performa adalah dengan menyiapkan sumber daya manusia (SDM) untuk memenuhi permintaan pelanggan.
Sejahterakan Karyawan
Vincent beranggapan, jika kunci sukses perkembangan bisnis tidak jauh dari dukungan karyawan dan pengrajin yang sudah dianggapnya seperti keluarga sendiri.
Belum lagi di tengah situasi pandemi dan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), Vincent harus memutar otak untuk memastikan fasilitas penjualan agar seluruh pesanan terpenuhi.
Saat ini, jumlah karyawan dan pengrajin Shopatblow berangsur-angsur bertambah. Shopatblow juga telah membangun pabrik dan kantor yang menjadi rumah kedua bagi lebih dari 180 orang karyawan dan pengrajin.
Ada lima daerah yang menjadi pabrik dan kantor Shopatblow , yaitu Jakarta, Bogor, Tangerang, Semarang, dan Surabaya.
Dalam setiap bulannya, Shopatblow dapat menjual 40.000 sampai 60.000 pasang sepatu wanita melalui Blow Official Shop di Shopee.
Berkat semangat juang Vincent serta seluruh karyawan dan pengrajin, berhasil membuat Shopatblow tumbuh hingga 500 kali lipat dari awal memulai bisnis online di Shopee.
Menembus Pasar Dunia
Kesuksesan Vincent dapat membawa usahanya merambah ke pasar dunia dengan bergabung dalam Program Ekspor Shopee pada pertengahan tahun 2020.
Shopatblow kini dapat mengirimkan produk ke negara di kawasan Asia Tenggara, antara lain Singapura, Malaysia, Thailand, dan Filipina.
Bisnisnya ini diharapkan bisa terus tumbuh dan menembus pasar dunia seperti salah satu brand lokal yang diidolakannya, yaitu Erigo.
“Saya berkeinginan Shopatblow bisa tumbuh dan masuk pasar dunia seperti Erigo. Gencarnya Erigo melakukan pemasaran di Shopee, serta kegigihan dalam memperkuat strategi bisnis sudah terbukti,” ujarnya.
Ia juga berharap, Shopatblow dapat mengekspansi produk dan memiliki gudang yang lebih besar.
Pesan Vincent untuk para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) lain yang baru memulai bisnis secara online, untuk tidak mudah menyerah dalam menjalankan usaha.
“Terus berjuang dan pikirkan semua strateginya dengan berani. Jangan pernah takut salah dan gentar, jadikan semua bekal dan inspirasi,” tambahnya.