Ingin Bikin Brand Fashion Sendiri? Jangan Lupa Dikulik

Ingin Bikin Brand Fashion Sendiri? Jangan Lupa Dikulik

Bisnis Online Tanpa Modal – Membuat brand untuk produk fashion mu sendiri memang terlihat mudah. Namun sebenarnya banyak tantangan yang harus kamu lalui.

Kamu pasti sudah banyak melihat contoh orang-orang yang sukses di industri fashion atas kegigihan mereka sendiri.

Dari produk desainer sampai streetwear, pasaran fashion di Indonesia kini semakin besar.

Nah, buat kamu yang punya passion di bidang tersebut, sekarang adalah waktu yang tepat untuk mencoba usaha baru.

Kini banyak sekali brand fashion baru yang bermunculan. Akan tetapi, hal tersebut Bukan berarti jadi hambatan buat kamu yang sedang merintis.

Banyak yang muncul, berarti juga banyak runtuhnya brand baru. Biasanya, hal-hal dasar yang perlu dilakukan, cenderung dikesampingkan atas nama upaya kreativitas penemu brand.

Industri fashion sendiri seperti sebuah maraton, jadi lari cepat di awal tidak menjanjikan kelangsungan yang stabil bagi brand milikmu.

Berikut ini ada beberapa langkah yang harus kamu perhatikan, dari awal hingga eksekusi brand milikmu.

Identifikasi Posisi Unik di Pasaran

Sebuah brand fashion tidak selalu ditopang kreativitas dan idealisme saja. Sebab kamu harus menemukan suatu hal yang tepat di ekosistem pasar fashion dan posisikan brand kamu di situ. Kamu bisa mencari sebuah trend yang belum terpenuhi pasar.

Contohnya saja, pakaian rapi yang harganya terjangkau, bisa juga baju santai yang bersifat baju bepergian yang fungsional.  Kamu bisa mencari sebuah kebutuhan produk yang belum dipenuhi oleh brand-brand lain.

Kenal Target Audience

Hampir sejalan dengan langkah pertama. Tujuan kamu bukan cuma mencari produk yang belum ada di pasaran, tapi juga mencari orang yang cocok dengan desain karya kamu.

Kamu juga harus memikirkan pro dan kontra dari setiap target konsumenmu. Sebab mereka akan bersikap beda satu sama lain.

Pembenahan Branding dari Awal

Apabila kamu sudah menentukan arah brand kamu akan dipasarkan ke siapa. Kamu mulai bisa menyiapkan logo, slogan, unique selling point, dan bahkan metode dan platform komunikasi yang sesuai.

Ini karena konsumen akan menghargai sebuah brand yang memiliki cerita. Jadi, kamu bisa membangun brand dengan visi dan misi yang jelas dan mudah dimengerti.

Produksi dan Marketing

Setelag itu, kamu harus memastikan dari awal m sudah memiliki vendor yang tepat.

Karena tanpa faktor ini sebagus apapun desain yang kamu buat, susah dieksekusi.

Harga, kualitas, dan integritas berkarya juga harus dijadikan pertimbangan saat kamu memilih vendor produksi.

Jika barang kamu sudah siap jual, gunakan branding yang telah kamu tentukan diawal untuk berkomunikasi ldengan konsumen, temukan tren yang sejalan dengan gaya hidup mereka.

Laksanakan Soft Launching

Yang terakhir kamu bisa memberikan sebuah soft launching, karena dengan penyebaran produk secara lingkup tertutup dapat menghasilkan feedback untuk kualitas produk dan meningkatkan penyebaran word of mouth produk kamu.