Dari Iseng, Bubur Ketan Hitam Kekinian ini Laris Dipasaran
Bisnis Online Tanpa Modal – Tidak ada yang pernah menyangka dari satu ide yang awalnya hanya coba-coba, ternyata bisa sukses berbisnis. Dia adalah Dzaky Allam, yang berhasil menyajikan inovasi produk yaitu bubur ketan hitam dengan aneka topping kekinian.
Seperti yang kita ketahui, biasanya bubur ketam hitam hanya dipadukan dengan kacang hijau dan juga kuah santan. Akan tetapi, Dzaky Allam berinovasi dengan menambahkan aneka topping seperti oreo, coco crunch, marshmallow, biskuit, keju, dan es krim.
Tak hanya aneka topping, Dzaky juga berinovasi dengan topping buah seperti strawberry, pisang, dan mangga.
Camilan hasil inovasi Dzaky ini bisa ditemukan salah satunya di Jalan Cikutra, Bandung, Jawa Barat.
Mulai dari keisengan
Dilansir dari Kompas TV, Dzaky menuturkan awal mula membuat usaha ini, yaitu dari keisengannya. Ketika itu, Dzaky mencampurkan es krim dengan bubur ketan hitam.
Tanpa diduga-duga campuran es krim dengan bubur ktan hitam tersebut rasanya semakin enak. Dari situlah muncul ide untuk menjual camilan tersebut dengan beragam pilihan toping.
“Kan bubur ketan itu kan makanan lama yah tradisional terus emang enak juga. Kita ingin menggabungkan di jaman yang sekarang ini banyak anak muda yang suka makanan manis, dessert,” ungkap Dzaky.
“Dari situ saya mencoba menemukan bagaimana caranya bubur ketan itu tak hanya disukai orangtua saja, segmen yang terbatas tapi semua segmen anak muda, anak kecil, orangtua dengan cara menggabungkan dengan topping,” imbuhnya.
Memulai usaha
usaha yang berawal dari keisengan ini dimulai Dzaky sejak tahun 2019. Di tengah pandemi Covid-19 ini, usaha bubur ketan hitamnya pun terdampak akan tetapi masih bisa bertahan.
Kini usaha bubur ketan hitam merek Kang Bubur miliknya ini telah membuka peluang kemitraan dan sudah memiliki cabang di luar Bandung.
Cabang dari Kang Bubur ini sendiri ada di Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Depok, Tegal, dan daerah lainnya.
Kemudian untuk omzet yang bisa dihasilkan per bulannya, mencapai hingga Rp 8 juta.
Besarnya omzet ini tentu saja tidak lepas dari pengaruh media sosial. Contohnya saja seperti salah satu konsumen Kang Bubur yang tahu camilan bubur ketan hitam ini lewat lewat aplikasi tiktok.
Salah satu komen yang didapat setelah pertama mencoba bubur kketan hitam ini langsung ketagihan, terutama bubur ketan hitam menggunakan toping mangga.
“Pertama tuh aneh ya, tapi pas udah nyoba kedua ketiga jadi kaya oh unik ya, ini ada bubur ketan dicampur pake es krim belum lagi pake topping yang jadi banyak, jadi unik aja, pas aja, manisnya. apalagi ada buahnya, asem jadi pas,” ujar Intan.
Unutk harga per mangkok bubur ketan hitam dijual dari harga dari Rp 12.000. Apabila kamu ingin menambah toping, kamu hanya perlu menambah Rp 3.000 per jenis topping.