Cocok untuk Mahasiswa, Bisnis Ini Hanya Perlu Modal Sedikit

Cocok untuk Mahasiswa, Bisnis Ini Hanya Perlu Modal Sedikit

Bisnis Online Tanpa Modal –¬†Tidak ada yang pernah mengira, jika mahasiswa tidak hanya bisa belajar dan berorganisasi saja. Dengan berbekal pengetahuan, kreativitas, dan keberanian, mereka juga bisa memulai bisnis yang cocok untuk mahasiswa!

Tak hanya untuk tambahan uang jajan, kamu juga bisa belajar hidup mandiri dan tidak bergantung pada orang tua untuk biaya hidup sehari-hari. Bahkan bisnis ini juga bisa kamu teruskan saat sudah lulus nanti.

Merintis bisnis juga bisa jadi portfolio ketika kamu mencari pekerjaan. Sebanyak itu loh benefitnya!

Untuk itu, berikut ini ada beberapa bisnis yang cocok untuk mahasiswa.

1. Bisnis online shop

Siapa sih yang tidak pernah belanja online? Teman-teman di kampusmu pun pasti juga sering melakukannya. Peluang yang satu ini bisa kamu manfaatkan loh!. Tak hanya ke teman-temanmu aja, kamu juga bisa menjual ke orang lain di luar sana.

Jika kamu bingung ingin menjual apa dan modal kamu sedikit, kamu bisa memulai bisnis ini dengan menjadi reseller ataupun dropshipper.

2. Les privat

Peluang bisnis mahasiswa yang kedua adalah les privat. Dengan berbekal ilmu yang kamu punya, kamu bisa memberikan les tambahan untuk anak-anak yang masih sekolah. Bukan hanya memperoleh  uang tambahan, ilmunya yang kamu miliki juga menjadi berkah buat orang lain!

3. Jasa servis laptop atau komputer

Jika kamu suka dan bisa mengotak-atik laptop atau laptop, bisnis yang satu ini bisa kamu pertimbangkan loh!

Sebab, bisnis ini bisa dibilang bisnis yang cukup potensial. Apalagi hampir setiap mahasiswa memiliki laptop atau komputer. Jadi, kalau kamu emang memiliki keahlian di bidang ini kenapa tidak diseriusin saja?

4. Jasa pembuatan website

Zaman sekarang, akan sangat aneh jika suatu instansi tidak memiliki website sendiri.

Jika kamu memiliki keahlian mengolah kode Personal Home Page (PHP) atau Active Server Pages (ASP) secara manual dan bisa menggunakan Content Management System (CMS), seperti WordPress, Blogspot, dan sejenisnya, peluang bisnis satu ini bisa kamu manfaatkan.

5. Jasa penerjemah

Apabila kamu seorang anak sastra atau kamu menguasai bahasa asing dengan baik, peluang ini bisa kamu jadikan bisnis lho!

Dengan bermodal kemampuan dan laptop, kamu bisa mengumpulkan keuntungan dari jasa sebagai translator. Gimana tertarik kan?

6. Jasa fotografi dan video

Peluang yang satu ini sangat pas bagi kamu yang menyukai foto dan video. Apalagi kamu bisa menjadikan hobi jadi bisnis yang menguntungkan.

Dengan berbekal kamera, kamu bisa menawarkan jasa foto wisuda, foto produk, atau buat konten di YouTube. Apabila kamu serius dengan bisnis ini, dan kamu bisa mengelolanya, bisnis ini punya prospek yang oke banget!

7. Penulis lepas

Kemudian, bagi kamu yang memiliki hobi menulis dan punya kemampuan menyampaikan ide dalam bentuk tulisan, menjadi penulis lepas bisa bisnis terbaik untuk mahasiswa.

Apalagi, profesi ini emang lagi hype banget. Misalnya saja sebagai content writer, copywriter, ghost writer, atau yang lainnya.

Tak hanya itu, pekerjaan ini bisa kamu kerjakan kapan saja dan di mana saja tanpa terikat waktu.Tulisan yang kamu buat juga bisa jadi portfolio ketika kamu mau melamar pekerjaan di bidang ini.