Cari Tahu Apa Itu SWOT dan Cara Menggunakannya!

Cari Tahu Apa Itu SWOT dan Cara Menggunakannya!

Bisnis Online Tanpa Modal – Seperti yang kita tahu, dalam menjalankan sebuah bisnis diperlukan sebuah metode untuk menganalisis perencanaan strategis dan mengukur seberapa kuatkah Anda bisa meminimalisir kelemahan.

Tak hanya itu, sangat oenting juga untuk Anda mengetahui analisis SWOT ketika menjalankan suatu bisnis.

Sebab, di kondisi tertentu, Anda harus cepat dalam mengambil peluang supaya  memeroleh keuntungan dan dalam waktu bersamaan mengurangi ancaman dari luar.

Oleh karena itu diperlukan analisis SWOT. Lalu, apa itu analisis SWOT dan bagaimana cara menggunakannya untuk bisnis online? berikut ini adalah penjelasannya:

1. Pengertian Analisis SWOT

SWOT adalah singkatan dari Kekuatan (strength), Kelemahan (weekness), Peluang (opportunity) dan Ancaman (threat) dalam spekulasi bisnis.

Analisis SWOT adalah sebuah metode analisis perencanaan strategis, yang dipakau untuk memonitor dan mengevaluasi lingkungan perusahaan. Bisa dari lingkunagn internal ataupun eksternal untuk suatu tujuan bisnis tertentu.

SWOT meliputi tujuan proyek yang spesifik. Tak hanya itu, SWOT juga mengidentifikasi faktor internal dan ekternal yang mendukung dan yang tidak mendukung pencapaian sebuah bisnis.

Analisis SWOT bisa diterapkan dengan menganalisis dan memilah beberapa hal yang bisa mempengaruhi keempat faktor, seperti:

  • Kekuatan yang mampu mengambil keuntungan dari peluang yang ada
  • Kelemahan bertujuan untuk mencegah keuntunga dari peluang yang ada
  • Kekuatan yang mampu menghadapi ancaman yang ada
  • Kelemahan yang mampu membuat ancaman menjadi nyata dan mencipatakan sebuah ancaman yang baru.

2. Cara Menerapkan Analisi SWOT di Bisnis Online

Tujuan dari analisis SWOT ini sendiri untuk membangun kekuatan dan meminimalisir segala kelemahan bisnis Anda. Anda harus bisa cepat mengambil keuntungan dari sebuah peluang yang ada serta mencoba meminimalisir ancaman dari luar.

Bagi pengusaha online-shop, mereka juga harus bisa membandingkan hasil kerja mereka dengan penjual online yang lainnya dan juga retail offline.

Contohnya saja, situasi pasar 10 tahun yang lalu berbeda dengan sekarang. Dulu hanya ada toko yang jam operasionalnya terbatas. Namun kini, jam operasional toko online selama 24 jam selama 7 hari dan itu merupakan sebuah peluang.

Cara menerapkan Analisis SWOT:

Kekuatan

Apa yang membuat bisnis yang Anda punya terlihat unik dan berbeda dengan yang lainnya? Apa yang Anda telah lakukan untuk membuat bisnis online Anda lebih baik dari dibanding yang lainnya?

Kelemahan

Karena proses shipping yang membutuhkan waktu, customer satisfaction tidak terjadi dengan segera dalam online shop. Barang berat, besar serta tidak tahan lama merupakamn barang yang cukup mahal untuk dikirim. Di mana biaya kirimnya selalu menimbulkan kesulitan.

Banyak orang khawatir dan tidak mau menggunakan kartu kredit mereka dalam transaksi online, karena keamanan dan penipuan.

Peluang

Pertanyaan ini harus bisa Anda tanyakan, teknologi baru apa yang bisa membuat bisnis Anda semakin maju? Dimanakan letak kelemahan pesaing bisnis saya?

Ancaman

Pergeseran industri yang dapat mempengaruhi pertumbuhan bisnis Anda. Ini termasuk perubahan hukum dan peraturan.

Kesimpulan dari analisis SWOT adalah apabila Anda menggunakannya secara teratur,  nantinya akan memberikan gambaran yang luas tentang perkembangan bisnis online Anda ke depannya.

Anda akan mendapatkan gambaran tentang kelemahan pesaing bisnis Anda dan akan memberikan wawasan untuk membangun kekuatan bisnis Anda.