
Cara Atur Waktu Antara Kerja di Kantoran dan Bisnis Online
Bisnis Online Tanpa Modal – Jika kamu adalah karyawan kantor yang bekerja selam 8 – 5 tiap tiap hari, akan susah untuk membagi ketika harus mengurus usaha online sebagai sampingan.
Hal ini tidak menjadi alasan untuk tidak membangun usaha dambaanmu.
Sisi positifnya adalah kecuali usaha online sampingan yang kamu punya tidak berlangsung dengan baik, dan kamu masih memiliki pekerjaan tetap dan menjadikan kegagalan itu menjadi pelajaran.
Dalam membangun usaha online, idealnya hanya menjadi usaha sampingan, di mana kamu harus mendapatkan produk yang mudah untuk dijual, namun yang paling perlu adalah kamu menyukai produk yang dijual dan kamu memiliki passion pada produk tersebut.
Membangun usaha online sebagai usaha sampingan tentu berlainan dengan full time entrepreneur. Bisnis kamu akan tumbuh lebih lambat dibandingkan dengan full timer.
Walaupun kamu seorang pekerja kantoran, kamu tetap memiliki saat bebas sepulang dari kerja dan weekend. Oleh karena itu gunakanlah saat tersebut untuk membangun usaha Anda!
1. Fokus
Fokus merupakan hal utama dalam membangun usaha online sampingan. Tidak hanya fokus pada pemakaian, namun juga pada sumber energi yang dimiliki.
Contohnya fokus pada niche produk yang kamu menjual dan fokus pada niche market yang kamu tuju. Gunakan platform yang gampang digunakan dan efektif.
2. Bekerja sedikit, tapi berpikir hal besar
Pertumbuhan usaha yang lebih lambat tapi berkelanjutan merupakan hal yang akan kamu alami kala jadi sidepreneur. Tapi, hal itu tidak menjadi masalah, sebab keberhasilan tidak berkunjung dalam waktu yang singkat dan butuh waktu lama.
Oleh dikarenakan itu kamu harus pintar menyesuaikan kegiatan kerja mu dengan efektif dan efisien.
3. Disiplin dalam membuat jadwal untuk tiap kegiatan
Kamu bisa memakai Google Calender untuk menyesuaikan kegiatan mu sehari-hari. Gunakan Google Calendar yang berlainan untuk kegiatan kantoran mu dan usaha online sampingan mu. Membuat jadwal yang efektif dapat menyesuaikan kehidupan mu menjadi lebih seimbang.
4. Lakukan pekerjaan kecil berdampak besar
Gunakan saat yang kamu memiliki seefektif dan seefisien, dibandingkan dengan membalas email atau keluhan customer perihal produk atau usaha mu.
Ada baik nya kamu menggunakan frequently asked questions yang bisa mempersingkat kamu memberi jawaban untuk tiap pertanyaan konsumen.
5. Outsource
Bukan hanya waktu, dengan pendapatan tetap, kamu bisa merekrut atau memakai jasa yang dapat memudahkan kegiatan usaha onlinemu.
Contohnya saja, kamu memakai perusahaan untuk jasa pengiriman barang atau memakai software atau proses yang dapat sesuaikan laporan keuangan mu.
Apabila kamu berjualan online, pastikan kamu memakai jasa payment gateway. Sebab payment gateway akan mempermudah proses transaksi online di toko online mu.
Tak cuma menghemat waktu, hal ini juga menopang usaha online mu untuk tumbuh lebih efektif dan efisien.
6. Buat seluruh kegiatan jadi seotomatis mungkin
Teknologi bisa menopang mu dalam hal ini, salah satunya dengan timbulnya tool seperti Buffer dan Hootsuite yang bisa menyesuaikan jadwal untuk konten Twitter dan Facebook usaha online mu.
Kerja keras, semangat serta passion membuat alasan kamu untuk tetap mobilisasi usaha online sampingan mu sehari-hari.
Walau banyak saat yang harus dikorbankan namun hal ini benar-benar layak untuk dijalankan.
Jika kamu berkelanjutan pada usaha sampingan online mu, maka besar kemungkinan usaha tersebut bisa lebih menjanjikan dibanding perkerjaan tetap mu.