Begini Cara Brand Batik Lokal Nona Rara Perluas Jangkauan Bisnis!

Begini Cara Brand Batik Lokal Nona Rara Perluas Jangkauan Bisnis!

Bisnis Online Tanpa Modal – Para penggemar busana batik kontemporer mungkin tak asing dengan brand lokal Nona Rara.

Nona Rara sendiri merupakan sebuah bisnis batik lokal yang didirikan tahun 2008 oleh Pipiet Noorastuti dan Atiek Octrina. Mereka adalah dua bersaudara yang besar di lingkungan perajin batik.

Lahir dari keluarga perajin batik, mereka berdua ingin membawa semangat supaya batik lebih dekat ke masyarakat.

Selain itu, mereka juga bermimpi melihat batik tak hanya sebagai warisan budaya, namun juga sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari setiap orang.

Meski sudah bergelut di industri batik selama lebih dari satu dekade, masih ada tantangan yang selalu hadir dalam bisnis Nona Rara.

“Dalam membangun Nona Rara, kami dihadapkan oleh berbagai tantangan. Salah satunya membangun ekosistem yang kuat dalam menjaga warisan budaya di tengah perkembangan zaman,” ucap Brand Manager Nona Rara, Yunita Stefani (2/10).

Bukan hanya itu, untuk terus melestarikan batik, dalam menciptakan produk, Nona Rara juga mempertahankan teknik batik tulis dan cap.

Di mana termasuk menawarkan produk fashion berbahan dasar batik tulis dan cap dengan harga terjangkau.

Tak cuma ingin melestarikan warisan nusantara, Nona Rara juga berhasil memberdayakan puluhan karyawan serta berkolaborasi dengan hampir 30 perajin batik lokal dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk Solo, Pekalongan, Cirebon, dan Garut.

Nona Rara juga mempunyai misi khusus untuk membngun bisnis yang lebih ramah lingkungan.

“Untuk mengupayakan bisnis ramah lingkungan, Nona Rara memiliki sister brand yaitu PART of Nona Rara yang fokus mengolah sisa kain untuk menjadi produk baru fashion bernilai jual,” tambah Yunita lagi.

Sebagai informasi, produk PART of Nona Rara memiliki harga yang lebih terjangkau dibanding dengan Nona Rara sehingga bisa dijangkau oleh audiens dari segmen yang berbeda.

Dari situlah kemudian mereka bisa semakin memperluas target pasar.

Cara Memperluas Jangkauan Audiens

Bukan hanya menghadirkan sister brand, Nona Rara juga melebarkan sayapnya ke dunia digital.

Nona Rara berupaya menjangkau lebih banyak konsumen melalui Tokopedia dan ShopTokopedia.

ShopTokopedia secara khusus menjadi wadah bagi Nona Rara untuk memperkenalkan PART of Nona Rara, sebuah inisiatif untuk membumikan batik di kalangan generasi muda.

“Platform e-commerce sangat berperan penting dalam mempermudah sebanyak-banyaknya masyarakat mengakses dan mengenakan produk batik,” imbuh Yunita.

Saat ini, Nona Rara akan terus berinovasi dalam memasarkan produknya.

Di Tokopedia sendiri, untuk menjangkau lebih banyak konsumen, Nona Rara mengandalkan fitur TopAds.

Sementara di ShopTokopedia, Nona Rara menghadirkan pengalaman belanja yang lebih interaktif lewat live streaming TikTok.

Karena strategi pemasaran yang komprehensif ini, tahun ini Nona Rara berhasil mencatatkan peningkatan omzet yang signifikan.

Tak hanya memanfaatkan fitur-fitur platform, Nona Rara juga aktif ikut dalam beragam kampanye yang digelar oleh Tokopedia dan ShopTokopedia, seperti Beli Lokal dan Tokopedia Fashion.

Partisipasi dalam kampanye ini terbukti efektif dalam menarik pelanggan baru.

Data memperlihatkan l jumlah pelanggan Nona Rara meningkat drastis, yang mana mencapai tiga kali lipat dibanding periode sebelumnya.