5 Cara Analisa Pasar Supaya Bisnis Online Lebih Berkembang

5 Cara Analisa Pasar Supaya Bisnis Online Lebih Berkembang

Bisnis Online Tanpa Modal – Bagi sebagiam besar pengusaha lokal atau Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal, belum mengetahui bagaimana cara menganalisis bisnis online supaya usahanya berkembang.

Padahal menurut Head of Product (Campaign) Tokopedia, yaitu Helena, analisis pasar di waktu tertentu memiliki peran penting, supaya UMKM dapat berkembang dan beradaptasi di masyarakat.

Berikut ini ada 5 tips analisa pasar untuk UMKM supaya bisnis online lebih berkembang menurut Helena.

1. Memantau Produk yang Sedang Trending di Pasar

Yang pertama adalah, pelaku bisnis online dapat memakai fitur Wawasan Pasar di aplikasi Tokopedia. Di mana penjual dapat mempelajari kondisi pasar, termasuk produk apa yang paling di cari dan terlaris. Dan kata kuncinya berdasarkan wilayah dan kategori.

“Dengan begitu, penjual dapat menentukan jenis produk yang sedang populer untuk setiap kategorinya,” ujar Helena.

2. Mempelajari Rekomendasi Harga Produk di Pasar

Yang kedua, dengan melakukan analisis perbandingan harga produk yang beredar di pasar. Hal ini dilakukan agar harga yang ditawarkan ada dalam batas normal dan masih bisa bersaing.

“Manfaatkan fitur rekomendasi harga di aplikasi e-commerce untuk seller agar bisa memasarkan produk dengan harga kompetitif dan menarik lebih banyak pembeli,” terangnya.

3. Memantau Performa Produk

Pelaku bisnis bisa menggunakan fitur Analisis Wawasan Produk, untuk membantu dalam memantau produk mana yang membutuhkan iklan lebih banyak, dilengkapi informasinya dan optimalisasi lain.

Dengan melakukan cara ini, sebuah produk akan bisa bersaing secara organik pada halaman pencarian. Tak hanya itu, performa bisnis menjadi lebih maksimal.

4. Melakukan Testing Penjualan

Selanjutnya dengan melakukan uji coba penjualan produk. Uji coba ini sendiri dapat membantu penjual melihat produk apa yang memiliki potensi akan laris di pasaran.

5. Mengumpulkan Aspirasi Pembeli

Menggunakan fitur Pengingat Ulasan di aplikasi e-commerce untuk mengajak pembeli menulis ulasan mereka usai transaksi selesai secara otomatis.

“Tanggapi dan pelajari setiap masukan dengan positif karena ulasan pembeli adalah dasar untuk berinovasi agar bisa terus relevan dengan pasar,” kata Helena.